Jelang Musim Haji, WHO Ingatkan Resiko Infeksi Kolera

Ilustrasi wabah Kolera (foto: Thinkstock)

Batam, Batamupdate.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkhawatirkan meluasnya wabah kolera dari Yaman ke Arab Saudi saat musim haji. Hal ini dikarenakan Yaman termasuk salah satu negara penyumbang jemaah haji terbesar.

Saat ini, wabah kolera di Yaman sudah menginfeksi lebih dari 332.000 ribu orang, dengan lebih dari 1.500 orang meninggal. Dikhawatirkan, berkumpulnya jutaan orang dari berbagai belahan dunia saat musim haji di Arab Saudi memicu penyebaran wabah kolera.

“Wabah kolera yang terjadi saat ini di Yaman dan beberapa negara Afrika memiliki risiko kesehatan serius bagi para jemaah haji ketika mereka kembali ke negaranya,” tulis WHO dalam buletin resminya, dikutip dari Reuters.

Meski begitu, pakar kolera dari WHO, Dominique Legros, mengatakan Arab Saudi sudah memiliki persiapan yang matang. Hal ini dibuktikan oleh tidak adanya wabah kolera di Arab Saudi sejak bertahun-tahun yang lalu.

“Kita bicara tentang risiko penyebaran wabah kolera dari Yaman, namun pemerintah Arab Saudi sendiri sudah cukup siap menurut saya. Untuk mencegah infeksi kolera, yang harus diperhatikan adalah kondisi tempat tinggal, akses air bersih dan higienitas,” tutur Legros.

Kolera merupakan penyakit diare akut yang bisa membunuh dalam waktu beberapa jam jika pasien tidak ditangani dengan baik. Anak-anak berusia 5 tahun ke bawah dengan gizi buruk memiliki risiko paling tinggi terinfeksi penyakit ini.

Salah satu cara penanganan kolera adalah memberikan air minum yang cukup dan antibiotik jika perlu. Masalahnya, tidak semua pasien kolera mengalami gejala seperti diare dan muntah-muntah, yang membuat penanganan sering terlambat.

(Sumber:detik.com)

Bagikan

Post Comment