Kenali Faktor Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah di Otak

Foto:mandiri dental shop/google

Jakarta, Batamupdate.com – Setelah dilarikan ke ICU (Intensive Care Unit) Rumah Sakit Polri, penyanyi dangdut senior Hamdan ATT kini sudah mulai sadar dan sudah dipindahkan ke ruang perawatan.

Menurut putri Hamdan ATT, Ais mengungkapkan hasil diagnosis dokter terhadap sang ayah adalah pecahnya pembuluh darah yang tak terlalu buruk.

“Lagi ditangani sama spesialisnya. CT Scan hasilnya pecah pembuluh darah. Cuma masih minimal sih. Nggak serius,” jelas Ais seperti dikutip dari detikHot.

Terkait hal ini, dr Frandy Susatia, SpS, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengatakan bahwa penyebab pecahnya pembuluh darah adalah karena melonjaknya tensi darah sehingga adanya indikasi sakit stroke.

“Iya. Stroke perdarahan karena pecahnya pembuluh darah otak. Yang paling sering adalah darah tinggi karena tensinya naik,” kata dr Frandy saat dihubungi detikHealth.

Hal serupa disampaikan juga oleh dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS atau akrab disapa dr Andra dari RS Medistra, bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak terkontrol membuat pembuluh darah di otak pecah.

“Jadi yang dialami Hamdan ini memang stroke,” ucap dr Andra.

Diutarakan dr Andra, stroke rentan terjadi pada orang-orang yang mempunyai riwayat hipertensi, diabetes dan hiperkolesterol serta obesitas.

Selain faktor pola hidup yang tidak sehat, lanjut dr Andra, terbukti faktor risiko terbesar terjadinya stroke yakni faktor psikologis seperti stres, depresi dan lainnya.

“Beban pikiran lebih besar pengaruhnya untuk menjadi stroke dibandingkan makanan yang tidak sehat,” tutur dr Andra.

Faktor lainnya adalah usia. Sebab menurut dr Andra, pembuluh darah di usia tua pasti sudah lemah dan kaku, sehingga tidak elastis dan mudah pecah.

“Yang harus diperhatikan. Bahwa stroke itu sangat mudah berulang dan kejadian stroke berikutnya selalu lebih berat dibandingkan yang sebelumnya,” tegas dr Andra.

(Sumber:detik.com)

Bagikan

Post Comment