Limbah Duta Mas Berbuih Kental Bermuara ke Dam Duriangkang

Air Berbuih diduga mengandung limbah B3 (Foto:Batamupdate.com)

Batam- Batamupdate.com

Air limbah parit dari perumahan elit Duta Mas yang bermuara ke Dam Duriangkang tampak berbusa. Limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) kah?

Pantauan Batamupdate.com (13/4), tampak air limbah dari perumahan elit itu berbuih dan berbusa. Air yang mengalir sebelum bermuara ke Dam, kelihatan tergenang persis di bawah jalan protokol Jln. Jenderal Sudirman itu.

Selain air berbusa, gorong-gorong saluran yang mengalirkan air dari perumahan tersebut dipenuhi tumpukan sampah dan airnya bewarna hitam pekat.

Salahseorang warga (tak mau ditulis namanya) turut mengeluhkan penampakan air yang berbusa bercampur sampah tersebut kepada media ini.

“Kondisi ini sudah lama pak,” katanya. Dia meminta pemerintah kota Batam mengambil langkah cepat untuk melakukan pengujian kandungan air pada saluran drainase itu.

“Kalau bisa tolong disampaikanlah mas kepada pemko Batam agar melakukan pengecekkan terhadap air ini, sampah nya juga menumpuk” ujarnya sambil menunjuk kearah gorong-gorong.

Permintaan warga tersebut bukan tanpa alasan. Dia juga khawatir apabila air buangan tersebut mengandung zat-zat berbahaya. Sementara saluran parit mengalir sampai ke Dam Duriangkang yang juga sebagai sumber air minum warga Batam tak kecuali warga Perumahan Dutamas.

Foto:Batamupdate.com

Para penghuni perumahan elit Duta Mas adalah orang-orang beken di Kota Batam. Ada politisi terkenal. Pengusaha Industri ternama dan para elit lainnya.

Dam Duriangkang yang dibuat sekitar tahun 1990 adalah salahsatu dari 5 Dam yang aktif di Batam. Semua Dam di Batam adalah tangkapan air tadah hujan bukan tadah air limbah perumahan.

Belum diketahui secara pasti mengapa saluran parit dialirkan ke Dam seluas 34 Km2 yang menjadi sumber air terbesar di Kota Batam itu.

Kondisi serupa juga sudah pernah diributkan warga Batam. Khusus Dam Duriangkang sudah lama dipersoalkan masyarakat karena banyak saluran air limbah rumah tangga dan industri bermuara ke Dam.

Namun hingga kini belum ada penjelasan dari pihak berwewenang mengapa air limbah industri dan rumah tangga bisa mengalir sampai jauh dan bermuara ke Dam.

Sampai berita ini di rilis, Batamupdate.com mencoba mengkonfirmasikan ke Dinas terkait namun belum berhasil karena sedang Jum’at an. (Redaksi)

Bagikan

Post Comment