Mahathir Mengucapkan Sumpah Di Malam Hari, Menyiasati Tekanan Najib Razak Besok?

Mahathir Mohammad (Foto:TV2)

Batamupdate.com

Malam ini, pukul 20.30 waktu Malaysia.
Mahathir Mohammad bersumpah menjadi Perdana Menteri Malaysia ke 7 menggantikan Najib Razak .

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Yang Dipertuan Agong ke 15 Muhammad V, Sultan Kelantan di Istana Kerajaan di Kuala Lumpur.

Foto:TV2

Pengambilan sumpah ini terkesan dipaksakan untuk menjaga jangan sampai terjadi “vacum of power”. Itu makanya mengapa sampai dilakukan pada malam hari, tak lama setelah pengumuman kemenangannya.

Biasanya, pengambikan sumpah seperti ini, dilakukan dalam waktu tidak memaksa. Paling tidak sehari setelah pengumuman kemenangan.

Pengambilan sumpah ini pun setelah adanya kesepakatan Kerajaan dengan Mahathir dengan Azizah Istri Anwar Ibrahim tokoh Oposisi terkenal di Malaysia.

Demikian dilaporkan langsung oleh jurnalis Batamupdate.com, Ahmad Syahlan dari Istana Kerajaan sore tadi.

Dengan dilantiknya Mahathir, kekuasan penuh berada di tangannya. Keamanan dan keselamatan penuh Malaysia berada pada tanggung jawabnya.

Sumber terpercaya kepada jurnalis Batamupdate.com mengatakan bahwa percepatan pelantikan sebagai siasat membendung kemungkinan terjadinya kekacauan besok Jumat.

Sebenarnya, kata sumber itu, sepanjang sejarah Malaysia dan tradisi (adat) Kerajaan, acara pelantikan seperti ini sangat sakral dan jarang dilakukan pada hari Kamis, apalagi pada hari libur Nasional Malaysia. Biasanya paling sehari atau dua hari setelah pengumuman dari Elektion Comision(EC) Malaysia.

Mengapa harus dipaksakan hari ini dan malam hari pula? Bocoran intelijen yang  diperoleh Batamupdate.com menyebut,  mensiasati rencana pihak Nazib Razak mengambil dana sekitar $15 miliar Malaysia dari beberapa bank besok hari.

Dana itu diduga akan digunakan memobilisasi massa yang cukup besar untuk melakukan ke kacauan di Malaysia menentang kemenangan Mahathir.

Dikatakan, uang sejumlah itu tidak dapat dicairkan lewat bank hari ini, karena bertepatan hari libur nasional Malaysia.

Sementara bila Mahathir belum dilantik, Najib Razak yang masih memegang sisa-sisa pemerintahan sementara Malaysia, masih berkesempatan melakukan beberapa hal penting.

Bocoran data intelijen Malaysia ke Batamupdate.com mengatakan untuk mengantisipasi itu, kekuasaan harus segera berpindah ke tangan Mahathir secara konstitusional untuk memperkecil kungkinan kerusuhan terjadi besok.

Mahathir sudah punya kuasa memerintahkan Menteri Pertahanan, Kepala Kepolisian , Kepala Panglima Angkatan Tentara serta jajarannya sebelum dilakukan pelantikan kabinet kementerian yang kemungkinan akan dilakukan juga besok.

Wan Azizah Deputy Perdana Menteri

Keterangan lain diperoleh Batamupdate.com bahwa  Wan Azizah akan dilantik besok untuk mengisi jabatan Wakil Perdana Menteri. Istri Anwar ibrahim itu pagi tadi sudah menemui Raja Malaysia.

Sementara keberadaan Najib Razak dan Istrinya Rosmah Mansor dikabarkan keluar tergesa-gesa dari kediamanya sore tadi dengan menaiki kendaraan pribadinya.

Tujuan kemana mereka pergi belum diperoleh keterangan. Tapi kabar tersiar, pagi tadi, istri Nazib sempat dikabarkan menghilang.

Dan, menurut sumber Batamupdate.com kecil kemungkinan Nazib dan istrinya melarikan diri keluar dari Malaysia.

“Tidak mungkin. Semua pintu penerbangan di Malaysia dalam pegawalan ketat kerajaan di bawah kontrol Menteri Pertahanan,” kata sumber ke Batamupdate.com.

Pesawat pribadi Nazib pun dikabarkan sudah dalam pengawasan ketat oleh pihak berwewenang. (Om)

Bagikan

Post Comment