Napi Lapas Lubuk Pakam Dapat Fasilitas Mewah

Foto room karoke versi Ditjen PAS
Foto room karoke versi Ditjen PAS

Batamupdate.com-Jakarta – Ditjen Pemasyarakatan membenarkan ada ruang karaoke di LP Lubuk Pakam, Sumatera Utara. Namun ruang karaoke itu bukan untuk narapidana, melainkan sarana rekreasi petugas.

Humas Ditjen PAS Akbar Hadi menjelaskan, ruang karaoke tersebut bukan di blok atau ruang hunian. Menurutnya, fasilitas tersebut untuk petugas yang berjaga.

“Kami mengakui memang ada ruang karaoke tapi itu bukan di blok atau ruang hunian. Itu memang ruang untuk rekreasi petugas,” kata Akbar saat dikonfirmasi.

Akbar mengatakan, ruangan karaoke tersebut terletak di ruang steril antara pintu 2 dan 3 yang dibuat oleh pihak LP dengan luas ruangan 2 X 4 meter. “Namanya daerah steril napi tidak diperbolehkan ke situ,” imbuhnya.

Ditjen PAS kemudian menunjukkan foto-foto ruangan tersebut. Terlihat ada sebuah peralatan sound system, tv layar datang yang terpasang di dinding berwarna hijau plus speaker dan jam dinding. Selain itu, ada juga akuarium dan kursi sofa.

Dari foto yang diperoleh dari BNN, ruang karaoke yang digerebek bernuansa emas dan dipasangi speaker di beberapa titik di dinding. Belum jelas, apakah foto itu sama lokasinya dengan yang diberikan oleh Ditjen PAS

Ditjen Pemasyarakatan menyangkal ada ruangan karaoke eksklusif untuk napi bandar narkoba. Ruangan itu disebut hanya untuk petugas. Namun Badan Narkotika Nasional (BNN) punya penjelasan lain. Apa itu?

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menjelaskan, ruangan karaoke khusus napi itu ditemukan saat penggeledahan. Petugas sempat masuk ke dalam.

Foto room karoke versi BNN
Foto room karoke versi BNN

“Ya silakan saja kalau membantah,” kata Arman saat dikonfirmasi.

Di ruangan tersebut, BNN juga menemukan brankas dan uang. Bahkan ada kasur yang terpasang di dalamnya.

“Kami temukan itu di brankas juga ada uang Rp 700 ribu. Ada kasurnya juga. Kasur spring bed,” imbuhnya.

Lalu, apakah sama ruangan yang ditemukan BNN dengan ruangan yang ditunjukkan fotonya oleh Ditjen Pemasyarakatan? Arman punya dugaan tersendiri.

“Itu (ruang karaoke Ditjen PAS) mungkin yang di bawah, peralatan itu (fasilitas karaoke dll) ada di atas,” tegasnya.

Bila ditelisik lewat foto, sepintas memang ada perbedaan signifikan antara wallpaper yang ditunjukkan oleh Ditjen PAS dan BNN. Warna ruangan dalam foto Ditjen PAS biru, sementara versi BNN keemasan.(sumber: dtkcom)

Bagikan

Post Comment