Polisi Geledah Dua Kediaman Najib

Ilustrasi (Foto:sysss/google)

Batamupdate.com

KL,-Tim kepolisian melakukan penggeledahan di dua kediaman mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur pada Rabu malam (16 Mei), dengan operasi yang membentang hingga Kamis pagi.

Mobil polisi dan truk polisi terlihat di luar rumah Najib di Taman Duta, sekitar 2 km dari istana kerajaan, pukul 10.15 malam. Truk itu, juga disebut Black Maria, digunakan oleh polisi Malaysia untuk mengangkut para tahanan.

Petugas polisi juga menggeledah kondominium Najib, Pavilion Residences, di pusat kota Kuala Lumpur.

Direktur Investigasi Pengadilan Kejahatan Komersial Bukit Aman, Amar Singh mengatakan kepada wartawan bahwa polisi melakukan pencarian di lima lokasi yang terhubung dengan mantan perdana menteri Malaysia itu.

Amar mengatakan mereka mencari bukti dalam penyelidikan yang sedang berlangsung tetapi tidak merinci. Salah satu lokasi diyakini sebagai Kantor Perdana Menteri. Petugas polisi terlihat membawa beberapa kotak dari apartemen Pavilion Residences, sementara beberapa barang diambil dari rumah di Taman Duta.

Kepada wartawan di luar kediaman Taman Duta sekitar jam 4 pagi pada hari Kamis, Pengacara Najib, Datuk Harpal Singh Grewal mengkonfirmasi pencarian polisi. Dia mengatakan Najib dan keluarganya bersikap kooperatif.

“Tidak ada dokumen yang diambil, tidak ada catatan, hanya barang-barang pribadi termasuk tas. Kami percaya bahwa polisi akan mengambil dua atau tiga kotak barang,” katanya.

“Ini rumah besar jadi mereka harus mencari di setiap kamar. Itu sebabnya butuh waktu lama. Tidak ada penangkapan sekarang dan tidak ada indikasi bahwa akan ada penangkapan.”

Najib dikaitkan dengan klaim graft (korupsi) pada dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan pada hari Selasa jaksa akan segera memiliki kasus yang kuat untuk menuntut mantan pemimpin Najib atas skandal 1MDB itu.

Polisi tiba di rumah di Taman Duta setelah Najib selesai melakukan “tarawih”, di masjid Kampung Baru.

Sebelumnya pada hari itu, Najib mengejutkan para wartawan yang berkumpul di luar rumahnya. Ketika itu dia meninggalkan rumahnya dengan kendaraan Vellfire putih dan dikawal polisi. Dia dan istrinya dilarang meninggalkan negara tersebut.

(SMR*)

Bagikan

Post Comment