Tips Cegah Kanker Payudara

Ilustrasi (Foto:Merdeka)

Batamupdate.com, Info- Kanker payudara adalah salah satu jenis tumor ganas yang paling sering ditemui pada wanita. Menurut data, setiap tahun di dunia terdapatsedikitnya 1,2 juta orang terdiagnosa kanker payudara, dan sekitar 40 ribuorang meninggal akibat kanker payudara. Lalu bagaimana cara kita terhindar dari penyakit mengerikan ini? Berikut penjelasan dari Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou :

1.    Pola Makan

Sekitar 1/3 kasus kanker berhubungan dengan pola makan. Makanan yang mengandung tumbuhan atau estrogen hewan, seperti madu dan royal jelly, dapat mengakibatkan hilangnya keseimbangan hormon dalam tubuh, serta meningkatkan risiko kanker payudara. Dalam kehidupan sehari-hari, kita disarankan untuk banyak mengkonsumsi wortel, sayur, dan buah-buahan, terutama sayuran hijau.

2.    Hindari Berpolusi

Insektisida rumah tangga, limbah otomotif, dan PFOA (zat kimia perantara) yang berasal dari karet, furniture, pakaian, peralatan dapur, dan lain-lain,pada batas tertentu dapat menyebabkankanker payudara. Ahli Onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menyarankan, kita sebaiknya bisa menjaga pola hidup yang baik, memiliki waktu istirahat dan bekerja teratur, serta olahraga yang cukup, agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya kanker payudara.

3.    Rutin Pemeriksaan

Rutin melakukan pemeriksaan bermanfaat untuk mengetahui seberapa tinggi risiko seorang wanita terkena kanker payudara nantinya. Namun perlu diingat, berisiko tinggi tidak berarti 100% akan terkena kanker payudara, dengan rutin melakukan pemeriksaan (USG dan lain-lain), penyakit dapat terdiagnosa sejak dini dan Anda memiliki banyak kesempatan untuk melakukan pengobatan.

Terhadap orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker payudara, terutama pada orang-orang yang memiliki riwayat kanker payudara, sebaiknya lebih sering melakukan pemeriksaan SADARI dan pemeriksaan secara medis.

Diagnosa Kanker Payudara

Umumnya bisa melalui pemeriksaan USG, tidak menimbulkan luka, dan serta dapat dilakukan berulang kali. Persentase keakuratan USG terhadap kanker payudara mencapai 80-85%.

(Sumber:kompas.com)

Bagikan

Post Comment