Urus SKCK Bacaleg di Polresta Barelang Dinilai Lamban

Kwitansi Pembayaran PNBP Pembuatan SKCK di Polresta Barelang (Foto:ist/batamupdate.com)

Batam- Pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisan di Polresta Barelang dinilai lamban oleh Bacaleg yang akan bertarung di Pemilu 2019.

Roberto Siahaan mengaku proses pengurusannya memakan waktu yang cukup lama. Senin(2/7) mulai jam 9 pagi Roberto sudah standby di Polresta.

“Jam 9 sampai jam 3 sore saya sudah urus SKCK dan disuruh menunggu di Polresta. Katanya menunggu tanda tangan Kapolres,” keluh Roberto kepada Batamupdate.com di bilangan Food court Pasir Putih, Selasa(3/7).

Roberto mengatakan bahwa SKCK itu sangat perlu secepatnya guna melengkapi syarat Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“SKCK itu sebagai lampiran guna mendapatkan Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri Batam. Surat Itu merupakan persyaratan calon legislatif berdasarkan Peraturan KPU No 20 Tahun 2018,” tambah Roberto.

Contoh surat permohonan Bacaleg ke Pengadilan Negeri Batam (Foto:ist/batamupdate.com)

Roberto berharap agar pihak Kepolisian dapat dengan segera mengeluarkan SKCK itu. “Tolong dong diprioritaskan, ini kan untuk kepentingan Negara. Waktu pendaftaran di KPU dibatasi juga, sementara masih banyak syarat lainnya yang harus kami lengkapi contohnya medical checkup dari RSUD dan masih banyak lagi” kata Roberto.

Menurut Roberto ada sekitar 20 Bacaleg bersama dirinya yang mengurus SKCK di Polresta Barelang, Senin lalu. “Mereka juga mengeluh. Harusnya dilayani dengan cepat dong. Semalam ada 20 Bacaleg, kabarnya ada sekitar 300 Bacaleg lagi yang mau urus SKCK,” tambah Roberto.

KPU mengumumkan, pendaftaran dan verifikasi administrasi calon DPR dan DPRD dimulai dari 4-18 Juli 2018.

Selasa(3/7), Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki yang dikonfirmasi Batamupdate.com melalui pesan WhatsApp belum merespon.

Ditempat lain Pemerhati Administrasi Pemerintahan juga turut mengomentari hal ini. “Saat seperti ini, menyambut Pemilu 2019, instansi terkait yang mengeluarkan syarat administrasi bacaleg bisa di buat model pelayanan terpadu satu pintu. Sehingga prosesnya tidak memakan waktu lama” kata Adian kepada Batamupdate.com.

(Omrad)

Bagikan

Post Comment