Monday, July 15, 2024
HomeBatamSiap-Siap Beras Langka Dan Harga Melonjak Naik Akibat Dampak Ngeri El Nino

Siap-Siap Beras Langka Dan Harga Melonjak Naik Akibat Dampak Ngeri El Nino

BATAMUPDATE.COM, BATAM Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti mengungkapkan dampak El Nino bisa membuat stok di lumbung padi Indonesia menipis sehingga harga beras melonjak.

Amalia mengatakan inflasi September 2023 0,19 persen secara bulanan (month to month/mtm) dan 2,28 persen secara tahunan (year on year/yoy). Bahkan, inflasi beras menyentuh 5,61 persen mtm yang memecahkan rekor tertinggi sejak Februari 2018 lalu, di mana andil kenaikan harga beras mencapai 0,18 persen.

“Kenaikan harga beras ini tentunya disebabkan berkurangnya pasokan akibat kemarau berkepanjangan dan penurunan produksi karena efek El Nino,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Senin (2/10).

“Kenaikan harga beras cukup tajam terjadi di sentra-sentra produksi padi nasional, seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Ini juga mengindikasikan terjadinya penurunan pasokan beras akibat penurunan produksi padi di provinsi-provinsi sentra produksi tersebut,” imbuh Amalia.

Ia mengatakan penurunan luas panen yang didorong dampak El Nino juga membuat pasokan produksi padi menurun. Harga gabah pun ikut terkerek.

BACA JUGA:   BP Batam Sudah Lakukan Sosialisasi, Pengukuran Tapal Batas Hutan Rempang Sesuai Arahan Kementerian Lingkungan Hidup

Seiring dengan kenaikan harga gabah, beras juga mengalami lonjakan. Amalia menyebut kenaikan harga beras terjadi merata di setiap level, mulai dari penggilingan, grosir, dan konsumen.

“Secara bulanan, kenaikan harga beras pada September 2023 ini memang terlihat lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga beras pada September tahun lalu. Kenaikan beras tertinggi terjadi di level penggilingan seiring semakin terbatasnya produksi padi dan suplai gabah ke penggilingan padi,” tutupnya. (Red)

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER