Wednesday, April 17, 2024
HomeBintanIkuti Rakornas P2DD, Bupati Bintan Siap Implementasikan Arahan Pemerintah Pusat

Ikuti Rakornas P2DD, Bupati Bintan Siap Implementasikan Arahan Pemerintah Pusat

BATAMUPDATE.COM, BINTAN-Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), Selasa (03/10) di Grand Sahid Jaya, Jakarta. Rakornas kedua ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti amanat dalam Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD), dan sebagai turunannya pasal 8 Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 147 Tahun 2021 tentang Keanggotaan, Tugas dan Mekanisme Kerja Satgas P2DD.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo serta Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia. Dalam sambutannya, Menko Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan P2DD di daerahnya masing-masing.

“Kita harap dengan dilaksanakannya P2DD ini mampu menekan inflasi dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” jelasnya.

Sementara, Bupati Bintan, Roby Kurniawan usai mengikuti kegiatan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bintan secara penuh siap mendukung dan mengimplementasikan percepatan digitalisasi di Bintan.

“Sudah ada juga Penetapan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Tata Cara Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD),” paparnya.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Tegas Katakan Perlawanan Terhadap Human Trafficking

Kondisi geografis Bintan yang didominasi wilayah perairan laut dan pulau-pulau memang menjadi tantangan tersendiri dalam mempercepat digitalisasi. Namun, bagi Roby, hal tersebut justru menjadi semangat tersendiri agar Bintan bisa semaksimal mungkin menerapkan digitalisasi.

“Bukan hal yang asing lagi kalau digitalisasi. Masing-masing OPD kita bahkan sudah membangun aplikasi-aplikasi dalam bentuk pelayanan masyarakat dan sebagainya yang tentu mempermudah urusan,” tutupnya. ***

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER