Friday, April 12, 2024
HomeHiburan6 Skandal yang Membelit Yoo Ah In, Isu Gay sampai Didakwa Kasus...

6 Skandal yang Membelit Yoo Ah In, Isu Gay sampai Didakwa Kasus Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

BATAMUPDATE.COM, Jakarta – Nama aktor Korea Selatan Yoo Ah In masih terus jadi sorotan publik menyusul kabar terbaru kasus penyalahgunaan narkobanya. Kontroversi yang sudah berlangsung selama berbulan-bulan ini bukan satu-satunya skandal yang membelit pria berusia 37 tahun tersebut.

Selama kariernya sebagai figur publik, Ah In acap kali dihadapkan pada pertentangan, seiring perilisan karya yang semula membuatnya dianggap sebagai salah satu aktor paling menjanjikan. Isunya pun beragam, mulai dari rumor gay, dituduh terlibat dalam tragedi Halloween Itaewon pada 2022, sampai yang terbaru, kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

1. Rumor gay

Pada 2016, Ah In dirumorkan gay setelah tertangkap kamera sedang berada di bar gay. Saat itu, ia dengan tegas membantah dirinya adalah gay, dan ungkapan sang aktor dibela para penggemar. Beberapa bahkan melaporkan sejumlah akun media sosial yang menyebarkan “berita bohong” tersebut.

Siapa sangka, “pacar” pria yang dikaitkan dengan rumor ini kembali dibahas ketika bintang Hellbound itu tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Mengutip KBIZoom, Jumat (3/11/2023), beberapa pengguna Naver mengungkit Choi Ha Neul, sosok yang dirumorkan sebagai pacar sesama jenis Ah In, dan menyalahkannya atas kejatuhan aktor tersebut.

Menurut warganet, citra Ah In berubah jadi buruk setelah rumor dirinya berkencan dengan Choi Ha Neul muncul. Mereka juga mengomentari gaya hidup Choi, berspekulasi bahwa dialah yang memperkenalkan narkoba pada Ah In.

Choi Ha Neul diketahui merupakan seorang fotografer berusia 30 tahun. Ia pernah menegaskan bahwa ia bekerja atas nama seni, bukan aktivisme komunitas LGBTQ+. Karena itu, tujuan utamanya adalah menyampaikan pesan-pesan melalui seni. Di media sosial pribadinya, Ha Neul mengunggah banyak foto karya seni uniknya serta potret bersama Yoo Ah In.

BACA JUGA:   Begini Pengakuan Para Pemain saat Syuting Kebut-kebutan Film 13 Bom di Jakarta

2. Bebas dari Kewajiban Wajib Militer

Yoo Ah In yang tidak menjalani wajib militer (wamil) pun sempat jadi perbincangan. Pada 22 Mei 2023, ia menjalani pemeriksaan kesehatan kelima untuk wajib militernya, lapor Soompi. Keputusan akhir mengenai wajib militer sang aktor telah ditunda beberapa kali karena berbagai cedera di masa lalu dan tumor tulang.

Aktor tersebut menjalani evaluasi medis pertamanya pada Desember 2015 dan menerima keputusan akhir pada 27 Juni 2017. Ia dianggap tidak layak bertugas sebagai tentara aktif, terutama karena tumor tulangnya.

Meski Ah In telah menerima perawatan untuk mempertahankan rasa sakit yang dapat ditoleransi dalam kehidupan sehari-harinya, hasil pemeriksaan ulang menganggapnya tidak layak untuk bertugas sebagai tentara aktif.

3. Zuccini Man

Di tahun yang sama, Ah In terlibat perdebatan sengit secara online mengenai feminisme. Ia mengakhirinya dengan meminta maaf, menulis pesan panjang di akun media sosialnya, seperti dirangkum Korea Times, “Saya minta maaf karena menyebabkan keributan seperti itu.”

“Tapi, kalian semua menikmatinya, bahkan menjualnya,” ia menambahkan. “Jangan terburu-buru menghakimi. Jangan mengutuk. Bahkan jangan memuji atau bersorak untuk saya atau memihak saya. Berdukalah saja bersama saya.”

Aktor tersebut dikritik misoginis setelah membalas tweet yang diunggah pengguna anonim dengan jenis kelamin yang tidak ditentukan yang menyebutnya “zucchini man” pada 18 November 2017. “Rasanya seperti dia membuka lemari es, mencari zucchini dan memandanginya sebentar, lalu bertanya pada saya, ‘Apa artinya sendirian?’ dan mengedipkan mata,” tulis pengguna tersebut.

Ah In menjawab, “Apakah kamu pernah dipukul dengan zucchini (mengedipkan mata)?” “Itu tidak berarti apa-apa dan dia akan mengalahkan saya,” jawab pengguna tersebut. “Khas Han-nam.” “Han-nam,” digunakan sebagai istilah yang merendahkan, merupakan kependekan dari “Hanguk Namja,” yang berarti tipikal pria Korea.

BACA JUGA:   Viral Bocah 10 Tahun Menikah di Madura, Warganet: Dikira Gampang Berumah Tangga

4. Perang Dingin dengan Psikiater

Pada 2017, Yoo Ah In sempat mengungkap belasungkawa untuk mendiang Kim Joo Hyuk yang meninggal dunia karena kecelakaan. Namun, ucapan tersebut jadi kontroversi karena dituliskan dalam bahasa Inggris. Saat itu, ia memang menulis kata “RIP” dan menambahkan tangkapan layar lagu Condolence dari Benjamin Clementine.

Hal itu membuatnya dinilai tidak menghargai mendiang sang aktor. Salah satu yang ikut berkomentar adalah seorang psikiater bernama Kim Hyun Chul. Ia menyebut bahwa Ah In adalah sosok yang impulsif.

Tidak terima disinggung, sang aktor membalas unggahan si psikiater dengan video Nobody Speak: Trials of the Free Press di akun Instagram-nya. Ia juga menuliskan tentang tidak boleh menilai seseorang dari tindakannya saja.

Keduanya sempat adu mulut di media sosial. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena Kim Hyun Chul ditegur Asosiasi Psikiater Korea Selatan, dan merilis permintaan maaf.

5. Dituduh Sebabkan Trgedi Halloween Itaewon

Yoo Ah In dengan keras membantah rumor bahwa dialah penyebab kerumunan orang saat perayaan Halloween berlangsung di Itaewon pada 2022. Menurut 8Days, terdapat spekulasi luas di dunia maya bahwa kehadiran bintang papan atas di sebuah bar telah menyebabkan kerumunan yang berujung pada tragedi yang menewaskan ratusan orang.

Ah In, yang tinggal di kawasan Itaewon dan sering mengunjungi klub malam di sana, jadi sasaran warganet. Agensi bintang Voice Of Silence ini kemudian membantah rumor tersebut, mengungkap bahwa Ah In bahkan tidak berada di Korea Selatan saat itu, lapor New Strait Times.

Dalam sebuah pernyataan, agensi tersebut mengatakan, “Ia memiliki urusan di luar negeri, jadi dia meninggalkan Korea pada 29 Oktober (2022).”

BACA JUGA:   Prediksi 6 Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Dicoret Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

6. Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Awal tahun ini, Yoo Ah In terbelit kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Di kabar terbaru, menurut Korea JoongAng Daily, aktor tersebut juga dituduh memaksa seorang YouTuber menghisap ganja untuk menyembunyikan penyalahgunaan narkoba yang dilakukannya dan secara ilegal mendapat obat resep menggunakan identitas orang lain, termasuk ayahnya.

Menurut dakwaan jaksa, aktor bernama asli Uhm Hong Sik ini menghisap ganja melalui alat pemanas dengan kenalannya di Los Angeles, California, pada Januari 2023. Ketika seorang YouTuber, yang sedang merekam vlog saat itu, masuk dan memergokinya sedang merokok zat ilegal tersebut, Ah In dilaporkan mendorong YouTuber tersebut ikut merokok, dengan mengatakan bahwa sudah waktunya ia mempelajari caranya.

Ah In pun diduga memperoleh resep berbagai obat, termasuk obat penenang seperti propofol, midazolam, ketamine, remimazolam, dan pil pemicu tidur Stilnox, yang terbuat dari zolpidem. Stilnox biasanya diresepkan untuk maksimal empat minggu karena sifat adiktifnya.

Ia memperoleh resep obat tersebut sebanyak 34 kali atas nama ayahnya, mengklaim bahwa ia hanya mengambilkan obat tersebut untuk ayahnya yang sakit. Dalam lima kasus lain, ia memiliki seorang teman yang berpura-pura jadi saudara perempuannya, menggunakan identitas saudara perempuannya untuk mendapatkan resep obat-obatan tersebut.

Jaksa mengatakan pihaknya mencurigai Yoo merusak bukti dengan menginstruksikan keluarga dan teman-teman yang terlibat menghapus konten yang berpotensi memberatkan dari ponsel pintar mereka ketika berita tentang kebiasaan konsumsi narkobanya terungkap.

Ia didakwa tanpa penahanan pada 19 Oktober 2023, dan sidang pertama aktor tersebut dijadwalkan pada 14 November 2023. (*)

Sumber: liputan6.com

 

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER