Friday, June 21, 2024
HomeNasionalDisebut Usulkan Debat Capres Tanpa Saling Sanggah, TKN Prabowo-Gibran: Ikut KPU

Disebut Usulkan Debat Capres Tanpa Saling Sanggah, TKN Prabowo-Gibran: Ikut KPU

TEMPO.CO, Jakarta – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, Herzaky Mahendra Putra merespons kabar pihaknya mengusulkan debat capres dan cawapres tanpa saling sanggah. Kubu Prabowo-Gibran disebut ingin lebih banyak sesi pendalaman kebijakan.

Herzaky mengatakan, pihaknya sepenuhnya mengikuti aturan Komisi Pemilihan Umum atau KPU untuk urusan debat calon presiden dan calon wakil presiden. “Ikut KPU,” ucapnya saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Kamis, 7 Desember 2023.

Politikus Partai Demokrat itu justru heran sikap tim Prabowo-Gibran masih dipertanyakan menjelang digelarnya debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden pada Selasa, 12 Desember 2023. “Perasaan sikap kami sudah jelas,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Hasyim Asyari mengatakan debat pilpres untuk calon presiden dan wakil presiden dilakukan lima kali. Debat pertama melibatkan capres, dan kedua diikuti debat cawapres.Debat ketiga porsi uji gagasan itu diberikan kepada capres. Sementara keempat porsi debat cawapres. Terakhir, pada debat kelima diikut debat capres.

“Debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga,” kata Hasyim di kantor KPU, Rabu malam, 6 Desember 2023.

BACA JUGA:   Ganjar-Mahfud Pamer Bahasa Isyarat I Love You di Kampanye Akbar

Tema debat kedua yang menampilkan cawapres, kata Hasyim, membahas tema ekonomi, yang meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan anggaran pendapatan belanja negara atau APBN dan APBD, Infrastruktur dan perkotaan.

Adapun debat ketiga, yang menampilkan capres, akan membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat keempat untuk cawapres, membahas pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat, dan desa.

Topik terakhir untuk porsi capres, meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. “Itu yang menjadi debat pertama sampai debat kelima dan porsi untuk siapa yang akan tampil dalam perdebatan itu,” ujar dia.

Iklan

Dia menyatakan, KPU juga sudah menyiapkan nama-nama panelis yang tampil di setiap debat diperdebatkan capres-cawapres sesuai tema. “Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim calon pasangan satu, dua, dan tiga untuk mengusulkan nama-nama panelis yang harus disampaikan kepada KPU,” kata dia.

Sejumlah nama panelis itu akan diusulkan kembali paling lambat Jumat, 8 Desember 2023. Selain itu, pertemuan tadi membahas siapa yang akan menjadi moderator. Dia menyatakan setiap debat ada dua moderator yang memandu debat, laki-laki dan perempuan.

BACA JUGA:   Harga Emas Pegadaian Hari H Pilpres 2024 Makin Murah, Mulai Rp599.000

“Ini masih kami matangkan,” ujar dia. Nama moderator itu, kata dia, akan diusulkan oleh setiap tim pasangan calon bersamaan dengan nama panelis pada 8 Desember 2023. Namun, Hasyim enggan menyampaikan nama pemandu debat tersebut.

“Jadi moderator itu akan memimpin debat capres-cawapres dari satu sampai lima, itu moderatornya dua orang, laki-laki dan perempuan,” ujar dia. Namun, dia menyatakan moderator itu masih perlu dikonsultasikan kembali dengan tim pasangan calon.

Selain itu, dalam pertemuan dengan tim dari ketiga pasangan tersebut, Hasyim mengatakan mengundang 50 orang dari setiap tim paslon supaya hadir dalam debat.

HAN REVANDA PUTRA

Pilihan Editor: Muhaimin Bilang AMIN Tak Ada Pelatih Jelang Debat Capres-Cawapres



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER