Tuesday, July 16, 2024
HomeOlahragaIrak Tersingkir dari Piala Asia, Pelatih 'Serang' Wasit

Irak Tersingkir dari Piala Asia, Pelatih ‘Serang’ Wasit


Jakarta, CNN Indonesia

Kekalahan Irak dari Yordania pada babak 16 besar Piala Asia 2023 (2024) membuat pelatih Jesus Casas naik pitam terhadap wasit Alireza Faghani yang dianggap merugikan anak asuhnya.

Irak kalah 2-3 dari Yordania. Pupus harapan Irak meraih trofi Piala Asia untuk kali kedua. Di balik kekalahan tersebut terdapat keputusan wasit asal Australia itu yang membuat Casas amat murka.

Kartu kuning kedua untuk penyerang Aymen Hussein yang dikeluarkan Faghani sesaat setelah sang pemain mencetak gol menjadi pusat persoalan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah Hussein mencetak gol yang membuat skuad Singa Mesopotamia unggul 2-1, striker andalan Irak itu melakukan selebrasi. Seusai selebrasi, kartu kuning didapat Hussein. Karena sebelumnya sudah mendapat kartu kuning, maka Hussein pun harus meninggalkan lapangan lebih dulu dibanding rekan-rekannya.

BACA JUGA:   Jadwal Semifinal French Open 2024: Wakil Indonesia Sisa Chico

Irak harus bermain dengan 10 orang dari menit ke-77 dan kebobolan dua gol pada masa injury time.

“Pada babak pertama kami tidak dalam performa terbaik dan mereka mengambil keuntungan dari serangan balik, dan pada babak kedua kami tampil lebih baik dan kami bisa mengontrol pertandingan,” terang Casas dilansir dari Winwin.

“Pemain tidak bisa diusir karena selebrasi. Hal itu tidak ada di sepak bola, dan dengan selebrasi yang sama seperti pemain Yordania wasit tidak melakukan apa-apa dan tidak ada sanksi. Ini adalah hal aneh,” kata pelatih asal Spanyol tersebut.

Hussein mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan selebrasi yang sama persis dengan pemain Yordania ketika mereka mencetak gol pertama ke gawang Irak, yakni dengan duduk dan berlagak sedang makan menggunakan tangan.

Disinyalir Hussein menerima kartu kuning kedua karena merayakan gol dengan waktu yang cukup lama. Sebelum selebrasi ‘makan-makan’ di dalam lapangan, Hussein sebelumnya sudah merayakan gol bersama rekan-rekannya di luar arena pertandingan.

BACA JUGA:   Pulang dari Piala Asia 2023 Bersama Timnas Indonesia, Pelatih PSS Sleman Pantau Kondisi Hokky Caraka

Selain itu ada pula anggapan Hussein dinilai provokatif dengan meniru selebrasi pemain Yordania saat mencetak gol pembuka.

“Wasit membuat Irak tak seimbang, sementara Yordania bisa bermain dengan keseimbangan. Ya, saya puas dengan performa tim. Mereka berlari dan memberikan segalanya, tetapi keputusan wasit membuat semua hal ini terjadi,” ujar Casas ketus.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER