Friday, April 12, 2024
HomeNasionalMenangkap Sinyal Keinginan Jokowi Bertemu Megawati

Menangkap Sinyal Keinginan Jokowi Bertemu Megawati

TEMPO.CO, Jakarta – Hubungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri santer dibicarakan telah merenggang.

Musababnya ditengarai oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto di pemilihan presiden atau (Pilpres) 2024. Saat pencalonan itu, Gibran dan Jokowi masih tercatat sebagai kader partai banteng. Sementara di sisi lain, PDIP telah mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

Tempo sebelumnya mewartakan, Jokowi disebut-sebut meminta waktu untuk bertemu dengan Megawati. Tiga petinggi PDIP bercerita, Jokowi berharap bisa berkoalisi dengan partai banteng dalam menghadapi pilpres putaran kedua.

Keinginan Jokowi untuk bertemu Megawati ini disinyalir untuk membangun kekuatan jika Prabowo-Gibran melaju ke putaran kedua melawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Namun Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto membantah kabar permintaan Jokowi bertemu dengan Megawati dalam waktu dekat. Begitu pula dengan Istana.

“Itu sama sekali tidak benar,” kata Ari pada 22 Januari 2023, soal upaya Jokowi mendekati Megawati untuk putaran kedua Pilpres.

BACA JUGA:   Beda Sikap PDIP dan Gerindra Soal Pemberian Gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo

Sinyal teranyar keinginan Jokowi bertemu Megawati muncul dari Connie Rahakundini Bakrie. Dalam video viral yang beredar di media sosial, pengamat militer ini mengeluarkan pernyataan bahwa Jokowi ingin bertemu dengan Megawati dengan meminta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono atau Sultan HB X untuk memfasilitasi pertemuan itu.

Connie Bakrie mengatakan dirinya telah bertemu dengan Sultan HB X di Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2024. “Apakah berkenan memfasilitasi pertemuan dengan Megawati?” kata Connie kepada Tempo.

Diminta konfirmasi atas informasi tersebut, Politikus PDIP Ahmad Basarah tidak banyak bicara. Basarah mengatakan dirinya tidak tahu-menahu soal informasi itu.

“Kalau itu, tanyakan ke Mbak Puan saja,” kata Basarah saat ditemui di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis, 8 Februari 2024.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi Sultan HB X di kediamannya di Keraton Kilen, Ahad siang, 28 Januari 2024.

Selanjutnya: Persamuhan Jokowi dan Sultan HB X selama kurang…



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER