Wednesday, April 17, 2024
HomeHiburanRaditya Dika, Yono Bakrie, dan Anca Blanca Bahas Karakternya di Serial Komedi...

Raditya Dika, Yono Bakrie, dan Anca Blanca Bahas Karakternya di Serial Komedi Kacau

TEMPO.CO, JakartaSetelah satu dekade lebih sejak Malam Minggu Miko rilis, tahun ini Raditya Dika kembali hadir dengan serial komedi terbarunya yang berjudul Komedi Kacau. Tidak berbeda dengan serial sebelumnya, di dalam Komedi Kacau pria kelahiran 28 Desember 1984 ini tidak hanya menjadi sutradara, tetapi juga bermain sebagai pemeran utama bernama Panca.   

Dikisahkan, Panca adalah seorang suami dari perempuan dengan gaya hidup sosialita bernama Loli yang diperankan oleh Susan Sameh. Berdasarkan video trailer berdurasi 2 menit 8 detik yang dirilis resmi oleh Netflix di YouTube diperlihatkan bahwa awal mula konflik di dalam kehidupan Panca berawal ketika dirinya dipecat dari kantor tempat ia bekerja dan memilih meneruskan bisnis klub komedi milik temannya. Mengangkat tema pernikahan dengan latar permasalahan di dalam kehidupan orang dewasa, Radit mengakui bahwa proses penentuan pemain untuk serial ini memakan waktu yang tidak sedikit. 

“Proses casting untuk series ini cukup panjang,” kata Raditya Dika saat dijumpai di konferensi pers serial Komedi Kacau pada 16 Januari 2024. “Ya pasti kita sesuaikan dengan karakter di naskahnya ya. Susan Sameh pas banget untuk memerankan seorang istri yang khawatir sama suaminya ketika sang suami keluar dari bisnis dan tiba-tiba bikin comedy club.”

BACA JUGA:   Pemain Film 24 Jam Bersama Gaspar di Netflix, Ini Profil Sutradara Yosep Anggi Noen

Jadi Gatot, Anca Blanca Diberi Kebebasan Eksplor Karakternya

Di samping Panca dan Loli, ada juga Gatot, salah satu karyawan di comedy club yang diperankan oleh Anca Blanca atau yang lebih akrab disapa Mas Anca. Panggilan ini tercipta berkat perannya di dalam serial komedi Malam Minggu Miko. “Anca udah pernah ada di Malam Minggu Miko dan ketemu lagi melalui proses casting,” kata Radit ketika memperkenalkan Anca.

Raditya Dika, Yono Bakrie, Anca Blanca dalam konferensi pers serial Komedi Kacau pada Rabu, 17 Januari 2024. Dok. Netflix

“Yang pasti senang banget bisa bekerja bersama Radit lagi,” kata Anca ketika ditanya soal perasaannya kembali berada di satu proyek dengan Radit. “Sedikit banyak juga sudah tau gaya komedinya (Radit) seperti apa.”

Meskipun harus melalui proses reading dan screening sekitar satu bulan dengan beragam koreksi apabila diperlukan, Mas Anca merasa senang karena tetap diberi kebebasan penuh dalam mengeksplor karakternya.

Mengenai karakternya sendiri, Gatot merupakan karyawan yang berdedikasi di comedy club milik Panca. Akan tetapi, pikiran Gatot tidak fokus kepada permasalahan klub komedi tempat ia bekerja, melainkan ke perempuan yang juga ada di sana. Melalui penjelasan singkat mengenai karakter Gatot, penonton bisa menantikan drama percintaan yang melibatkan Gatot dengan karakter perempuan di dalam serial ini nantinya.

BACA JUGA:   Cerita Mendebarkan Saat Pemudik Lewati Jalur 'Tengkorak' Alas Roban

Yono Bakrie Merasa Tertantang dalam Menjaga Konsistensi Karakter

Selain dirinya sendiri, Radit juga merekrut belasan komika lain untuk berpartisipasi di dalam serial tersebut, salah satunya adalah komika asal Samarinda, Yono Bakrie. “Awalnya kenal Bang Radit dari konten YouTube, terus diajak casting beberapa kali dan alhamdulillah keterima,” ucapnya pada konferensi pers.

Komedi Kacau. Dok. Netflix

Radit mengatakan bahwa Yono harus melewati 11 kali casting dulu sebelum akhirnya diterima. Hal ini dikarenakan lapisan kriteria yang cukup banyak mengingat serial ini diproduksi Soraya Intercine Films dan juga bekerja sama dengan Netflix. Meski begitu, Yono mengaku sangat bersyukur bisa diajak dan diterima proyek Komedi Kacau setelah baru tiga bulan merantau ke Jakarta.

Lebih lanjut Yono menyatakan bahwa karakternya di dalam serial tidak begitu berbeda dengan dirinya di dunia nyata. “Jadi orang miskin yang numpang hidup di comedy club,” katanya. Akan tetapi, pemenang Stand Up Comedy x KompasTV tersebut tetap merasa tertantang dengan peran yang ia terima. “Yang pasti menantang karena ini proyek panjang pertama dan harus senantiasa menjaga konsistensi karakter,” ucapnya.

BACA JUGA:   Profil Gordon Cormier dan Noah Ringer, Pemeran Aang dalam Serial Netflix dan Film Avatar: The Last Airbender 2010

Melalui karakter-karakter di atas Radit ingin mengajak penonton mengenal dunia komedi yang ada di belakang panggung. “Serial Komedi Kacau ini ingin menghadirkan kehidupan belakang layar para stand up comedian dan seperti apa kesulitan mengelola sebuah klub komedi,” kata Radit.

Selain itu, ia juga merasa bahwa topik yang diangkat masih terbilang jarang dieksekusi ke dalam serial maupun film Indonesia, sehingga ia berharap serial yang tayang mulai Jumat, 16 Februari 2024 ini bisa membawa kebaruan dan angin segar yang bisa penonton Indonesia nikmati. “Saya mau ajak penonton untuk menonton Komedi Kacau sekaligus mengintip sedikit kehidupan kami, para komika dari balik layar,” katanya.  

HANIN MARWAH NURKHOIRANI

Pilihan Editor: Nasihat Raditya Dika kepada Kreator Konten agar Tidak Takut Duluan



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER