Monday, April 15, 2024
HomeNasionalPasangan Amin Tertinggal di Jatim Meski PKB Unggul, Ini Kata Muhaimin Iskandar

Pasangan Amin Tertinggal di Jatim Meski PKB Unggul, Ini Kata Muhaimin Iskandar

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, mendapat suara terendah di Provinsi Jawa Timur dalam hasil hitung suara atau real count sementara Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Hingga Selasa, 20 Februari 2024, keduanya hanya meraih 15,78 persen suara atau posisi paling akhir provinsi tersebut.

Di sisi lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diketuai Muhaimin saat ini berada di posisi pertama dalam pemilihan legislatif Jawa Timur. Untuk pemilihan anggota DPR RI, PKB menempati posisi pertama dibanding partai-partai lain di daerah tersebut dengan 19,16 persen suara.

Menanggapi hal itu, Muhaimin menyatakan tak mau terlalu cepat mengambil kesimpulan. Dia berujar hasil hitung suara itu belum final. “Jangan disimpulkan, kita sedang proses sampai tunggu nanti di hasil akhir,” kata pria yang sudah 19 tahun menjabat Ketua Umum PKB itu di Mampang, Jakarta Selatan pada Selasa, 19 Februari 2024.

Sebelumnya, Direktur Pileg DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan partainya mengalami kenaikan suara di Pemilu 2024 dibanding dengan 2019. Menurut Cucun, kenaikan jumlah tersebut berkat efek ekor jas atau coat tail effect majunya Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

BACA JUGA:   Elektabilitas Parpol di Jatim: PDIP Kuasai Mataraman & Arek, PKB Madura & Tapal Kuda

“Dengan majunya beliau juga dampak positif kenaikan suara PKB sangat signifikan,” kata Cucun di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Ahad, 18 Februari 2024.

Cucun menyatakan berdasarkan tabulasi suara internal partainya, mereka akan mendapat penambahan 23 kursi DPR RI. “Alhamdulillah dari eksisting 58 kursi yang sekarang di Senayan ini aman semuanya dan akan ada penambahan dari kenaikan jumlah suara ini menjadi 81 kursi,” ucap dia.

Iklan

Berdasarkan tabulasi ini, kata dia, perolehan suara PKB untuk DPR RI pada Pileg 2024 naik signifikan dari perolehan suara pada Pileg 2019.

“Secara suara, suara PKB naik 6.007.425 atau 2,41 persen, dari 13.570.097 atau 9,69 persen di Pileg 2019 menjadi 19.577.522 suara atau 12,1 persen di Pileg 2024,” ujarnya.

PKB ikut mengusung pasangan Anies-Muhaimin bersama PKS dan NasDem. Dalam Pilpres 2024, pasangan ini berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei perolehan suara mereka menempati urutan kedua.

Pilihan Editor: Khofifah Minta Pj Gubernur Jatim Pastikan Pasokan Sembako Aman dan Harganya Stabil

BACA JUGA:   Ini yang Dilakukan Cak Imin Jelang Debat Cawapres Pekan Depan



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER