Friday, April 12, 2024
HomeNasionalTanggapan Politikus PDIP usai AHY Dilantik Jokowi sebagai Menteri ATR

Tanggapan Politikus PDIP usai AHY Dilantik Jokowi sebagai Menteri ATR

TEMPO.CO, Jakarta – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Chico Hakim tidak banyak berkomentar soal penunjukan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang. Penunjukan AHY itu ditengarai tanpa melibatkan PDIP sebagai pengusung Presiden Jokowi pada pemilihan presiden atau Pilpres 2019.  

“Dari dulu memilih menteri adalah hak penuh presiden,” kata Chico, singkat, saat dihubungi pada Rabu, 21 Februari 2024. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi tidak menjawab secara lugas saat ditanya apakah keputusannya mengangkat AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang telah dikoordinasikan dengan PDIP. Usai melantik AHY di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024, Jokowi mengatakan dia tidak ragu memberikan posisi Menteri ATR merangkap Badan Pertanahan Nasional. 

Presiden Jokowi  menyebut ATR/BPN cocok dengan AHY yang punya latar belakang sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, lulusan akademi militer, hingga sejumlah universitas tinggi luar negeri. “Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN,” kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara. “Karena ini urusan manajemen saya kira beliau akan sangat siap.”

BACA JUGA:   Menunggu Smes Megawati di Red Sparks vs GS Caltex: Poin atau Headshot

Demokrat yang dipimpin oleh AHY berada di luar pemerintahan selama hampir 10 tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. Belakangan Demokrat bergabung dengan partai yang mengusung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Prabowo maju bersama cawapres Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Jokowi.

Sementara itu,  AHY mengatakan ayahnya sekaligus Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bersyukur karena Partai Demokrat kembali masuk pemerintahan.Demokrat yang dipimpin oleh AHY berada di luar pemerintahan selama hampir 10 tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. Belakangan Demokrat bergabung dengan partai pendukung Jokowi untuk mengusung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024

Iklan

“Ini sebuah momentum bersejarah karena alhamdulilah apa yang kami perjuangkan selama ini bisa lebih direalisasikan,” kata Agus ditemui usai pelantikan.

Dalam keterangannya, Agus menyampaikan komitmen untuk menjalankan tugas di masa sisa pemerintahan Jokowi. Pemerintah Jokowi akan berakhir 20 Oktober 2024.

DANIEL A. FAJRI

Pilihan Editor: AHY Sebut Demokrat Masuk Pemerintah Bukan untuk Hitungan Bulan



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER