Wednesday, April 17, 2024
HomeBisnisBPH Migas & Pertamina Gandeng Polri untuk Tindak SPBU 'Nakal'

BPH Migas & Pertamina Gandeng Polri untuk Tindak SPBU 'Nakal'

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait dengan penindakan terhadap SPBU yang melakukan penyelewengan, baik penjualan maupun penyaluran BBM.  

Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas Sentot Harijady Bradjanto Tri Putro mengatakan bahwa koordinasi tersebut terkait dengan pembinaan atau pengenaan sanksi bagi pelanggar.

Nantinya, pelanggar yang ketahuan mengoplos atau menyelewengkan BBM akan diberikan pembinaan atau sanksi jika penyelewengan yang dilakukannya terbilang berat.

“Baik itu temuan metereologi, oplosan, kita udah koordinasi untuk tindak lanjut dikenakan sanksi maupun pembinaan oleh Pertamina,” kata Sentot di Gedung BPH Migas, Rabu (3/4/2024).

Adapun, Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri menggelar koordinasi dengan para kasubdit Dittipidsiber Bareskrim, Dirkrimsus, dan Kasatreskrim Polda jajaran terkait pengawasan dan penegakan hukum penyalahgunaan BBM menjelang hari raya Idulfitri 1445 H pada Selasa (2/4/2024).

Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Pol Nunung Syaifuddin menyampaikan, budaya mudik dan arus balik pada Lebaran dapat berdampak pada meningkatnya harga kebutuhan pokok, salah satunya di bidang bahan bakar.

BACA JUGA:   Intip Menu Latihan Timnas Indonesia U-20 Jelang Laga Piala AFF, Kualifikasi Piala Asia, hingga Kulifikasi Piala Dunia

“Kesempatan ini dapat mendorong seseorang untuk mencari keuntungan dengan malakukan kecurangan dalam menjual BBM,” kata Nunung dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/4/2024).

Nunung mengatakan, modus operandi yang sering ditemui berupa modifikasi tangki kendaraan, manipulasi dispenser BBM dan mencampur zat pewarna ke Pertalite dijual dengan harga Pertamax karena disparitas harga yang cukup tinggi.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dirkrimsus dan Kasatreskrim yang sudah melakukan kegiatan sidak ke SPBU-SPBU. 

Kegiatan ini menjadi penekanan kepada seluruh jajaran dan Bareskrim dalam rangka pengawasan dan pelayanan menjelang arus mudik hari raya idul fitri maupun arus balik.

“Lakukan pendataan jumlah SPBU di masing-masing wilayah, SPBU yang berada pada arus mudik dan arus balik serta mendata stok BBM di lokasi arus mudik dan arus balik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google
News
dan WA Channel

Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER