Monday, May 20, 2024
HomeInternasionalBiden - Trump Sepakat Debat Capres AS pada 27 Juni dan 10...

Biden – Trump Sepakat Debat Capres AS pada 27 Juni dan 10 September


Jakarta, CNN Indonesia

Joe Biden dan Donald Trump sepakat mengikuti debat calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) pada Juni dan September mendatang.

Biden, sang petahana dari Partai Demokrat itu, sebelumnya menantang saingannya untuk “membuat hari saya menyenangkan” melalui unggahan akun X pribadi. Tantangan tersebut disambut politisi Partai Republik yang dilanda skandal itu dengan jawaban siap untuk “bergemuruh”.

Dilansir AFP, saluran berita CNN mengumumkan akan menggelar debat pertama pada 27 Juni di Atlanta, Georgia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, Trump dan Biden kemudian mengatakan mereka telah menyetujui debat kedua yang akan diselenggarakan oleh lembaga penyiaran ABC pada 10 September.

Perjanjian tersebut mengakhiri ketidakpastian selama berbulan-bulan mengenai apakah para kandidat akan berdebat atau tidak.

Biden menetapkan persyaratan debat sendiri termasuk tidak memiliki penonton di studio, berusaha menghindari terulangnya perdebatan yang sering kacau dengan pemain sandiwara politik Trump pada pemilu 2020.

BACA JUGA:   FOTO: Jumlah Gelandangan di AS Meroket, Catat Rekor Tertinggi

Trump lalu menerima tanggal tersebut bahkan ketika ia menetapkan visi yang sangat berbeda dengan tempat yang lebih besar untuk “tujuan kegembiraan” sementara tim kampanyenya menyerukan untuk menambah perdebatan pada Juli dan Agustus.

“Donald Trump kalah dalam dua debat dengan saya pada 2020. Sejak itu, dia tidak muncul untuk debat. Sekarang dia bertingkah seolah dia ingin berdebat dengan saya lagi. Baiklah, buatlah hariku menyenangkan, sobat,” kata Biden dalam sebuah video dalam akun X @joebiden.

Saat mengumumkan bahwa dia menerima undangan ABC, Biden menambahkan: “Trump mengatakan dia akan mengatur transportasinya sendiri. Saya akan membawa pesawat saya juga. Saya berencana menyimpannya selama empat tahun lagi.”

Trump kemudian mengumumkan bahwa dia telah menyetujui debat ketiga di jaringan konservatif Fox News pada tanggal 2 Oktober – hari Rabu – tetapi belum ada pernyataan langsung dari presiden mengenai apakah dia telah menerima undangan untuk ambil bagian.

CNN mengonfirmasi tidak akan ada penonton yang hadir dalam debat tersebut, dan mengatakan hal itu akan “memastikan para kandidat dapat memaksimalkan waktu yang diberikan.”

BACA JUGA:   Rusia Tuduh Ukraina Lancarkan 'Aktivitas Teroris' Buat Kacau Pemilu

Pilpres AS sendiri akan digelar pada November mendatang.

(sfr)



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER