Monday, July 15, 2024
HomeOlahragaSTY Berharap Indonesia Jumpa Korea di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia

STY Berharap Indonesia Jumpa Korea di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) berbicara soal peluang Skuad Garuda di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Jika boleh memilih, STY mengaku berharap Indonesia bisa bertemu Korea Selatan (Korsel) dalam kualifikasi yang bakal berlangsung dengan format tiga grup dan masing-masing berisi enam negara.

“Jika saya bertemu Korea, saya kira itu mudah karena saya tahu betul tim Korea. Saya tahu setiap pemain Korea kami dengan baik, dan semua anak asuh saya akan melakukan yang terbaik,” ujar STY mengutip dari Yonhap, Jumat (14/6).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan mengantarkan Timnas Indonesia pada persaingan level Asia yang sesungguhnya. Laga-laga yang akan dihadapi Indonesia kelak pada babak ketiga akan sedemikian sengit.

Tak ada lagi lawan-lawan sepele. Negara-negara yang sudah pernah mengikuti Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, Qatar, sampai China berpotensi melawan Indonesia.

BACA JUGA:   Setara Institut: Rapor Indeks HAM Kepemimpinan Jokowi Merah!

STY menilai Korsel akan lolos dari kualifikasi Piala Dunia, dan ia berharap Indonesia pun demikian.

“Harapan saya kami lolos bersama. Faktanya, itu akan menjadi sebuah hal baik bagi kami [Indonesia] untuk berpartisipasi di Piala Dunia,” kata STY, “Namun ini tak akan mudah seperti yang saya pikirkan, jadi kami akan memikirkan ini dan mencoba dengan keras.”

STY mengaku akan membawa skuat Garuda bekerja lebih keras untuk terus naik level dan tumbuh lebih kuat. Lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia juga sudah menjadi sejarah baru bagi timnas Indonesia.

“Kami bekerja dengan sangat keras dengan mindset terus naik level,” kata eks Pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut.

Undian babak ketiga kualifikasi Piala Dunia akan berlangsung 27 Juni mendatang. Sementara pertandingan bakal dihelat dari September 2024 hingga Juni 2025. Kuota delapan setengah negara untuk Asia pada Piala Dunia 2026 memang cukup besar, namun Indonesia butuh berjuang dengan tenaga ekstra untuk merengkuh tiket yang ada.

BACA JUGA:   Pemain Jepang Kegirangan Bisa Bobol Indonesia di Toulon Cup

Pada pengundian itu, Indonesia kemungkinan berada pada pot 6.

Pada pengundian babak ketiga kualifikasi Piala Dunia ini, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan bertemu dengan salah satu dari tiga negara dengan posisi terbaik di ranking FIFA: Jepang, Korea Selatan, dan Iran. Ketiganya disebut menjadi penghuni pot 1.

Selain salah satu dari tiga langganan Piala Dunia tersebut, Indonesia juga pasti bakal bertanding melawan Australia, Qatar, dan Irak yang disinyalir menghuni pot 2.

Sementara pot 3 ditempati Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jordania. Deretan negara yang secara ranking FIFA juga jauh dari Indonesia. Begitu pula Uni Emirat Arab, Oman, dan Bahrain yang ada di pot 4. 

Selanjutya pada pot 5, lawan yang bisa dibilang agak ringan, meski masih tergolong jajaran kelas kakap adalah China, Palestina, dan Kirgizstan.

[Gambas:Video CNN]

(kid/kid)


BACA JUGA:   Timnas Indonesia Tundukkan Korea Selatan, Menpora Dito: Doakan Lolos Olimpiade



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER