Monday, July 15, 2024
HomeInternasionalChina 'Gaspol' Perkuat Senjata Nuklir, Bisa Salip AS dan Rusia

China 'Gaspol' Perkuat Senjata Nuklir, Bisa Salip AS dan Rusia


Jakarta, CNN Indonesia

Buku tahunan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) menyatakan, China mengembangkan kekuatan nuklirnya lebih cepat dibandingkan negara lain.

China dimungkinkan akan menghasilkan lebih banyak rudal balistik antarbenua (ICBM) dibandingkan Rusia atau Amerika Serikat (AS) dalam satu dekade.

Menurut laporan itu, China menambahkan 90 hulu ledak lagi ke dalam persediaan nuklirnya, sehingga totalnya mencapai 500 hulu ledak pada Januari tahun ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Buku itu menyatakan, jumlah total ICBM yang saat ini dimiliki berjumlah sekitar 238. Jumlah ini dapat melampaui kepemilikan AS yang berjumlah 800 atau bahkan Rusia yang berjumlah 1.244 dalam 10 tahun ke depan.

Namun, secara keseluruhan, ukuran persenjataan nuklir diperkirakan akan tetap jauh lebih kecil dibanding dengan yang dimiliki oleh dua kekuatan nuklir terbesar tersebut.

BACA JUGA:   Bom Bunuh Diri Tewaskan 5 WN China di Pakistan

Laporan itu menyatakan, Amerika memiliki 5.044 hulu ledak. Sementara Rusia memiliki 5.580 hulu ledak.

“China memperluas persenjataan nuklirnya lebih cepat dibandingkan negara lain mana pun,” kata Hans Kristensen, peneliti senior di Program Senjata Pemusnah Massal SIPRI seperti dikutip dari South China Morning Post, Senin (17/6).

“Tetapi di hampir semua negara bersenjata nuklir, terdapat rencana atau dorongan signifikan untuk meningkatkan kekuatan nuklir,” ujar dia menambahkan.

Laporan itu mengatakan, China sedang membangun sekitar 350 silo baru untuk rudal balistik berbasis darat.

Jika China mengisi setiap silo baru yang sedang dibangun dengan rudal berhulu ledak tunggal, maka dalam dekade berikutnya, China akan meningkatkan jumlah hulu ledak yang dapat digunakan pada ICBM-nya menjadi sekitar 650.

Namun, laporan menyatakan tidak jelas apa yang direncanakan China untuk silo tersebut.

Jika silo itu digunakan untuk menyimpan rudal yang dilengkapi dengan Multiple Independently Targetable Re-entry Vehicle (MIRV), jumlah hulu ledak ICBM dapat meningkat menjadi lebih dari 1.200.

BACA JUGA:   Hamas Minta Revisi Proposal AS soal Gencatan Senjata dengan Israel

(yoa/asr)

[Gambas:Video CNN]




Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER