Monday, July 15, 2024
HomeInternasionalAngka Pernikahan di China Anjlok 8,2 Persen di Kuartal Pertama 2024

Angka Pernikahan di China Anjlok 8,2 Persen di Kuartal Pertama 2024


Jakarta, CNN Indonesia

China kembali terancam resesi pernikahan. Tingkat pernikahan di Negara Tirai Bambu tersebut kembali anjlok pada kuartal pertama 2024.

Dikutip dari South China Morning Post, tingkat pernikahan di Tiongkok sebenarnya sempat kembali normal pada kuartal pertama 2023.

Namun, warga China yang mengatakan bersedia untuk menikah turun sekitar 8,2 persen pada tiga bulan pertama tahun ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal ini semakin menggambarkan tantangan besar bagi angkatan kerja di negeri tersebut. Apalagi, China merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia.

Kementerian Urusan Sipil Tiongkok mencatat 1,969 juta pernikahan baru pada Januari hingga Maret 2024. Padahal, pada kuartal pertama 2023, mencapai angka pernikahan tercatat 2,147 juta.

Angka-angka tersebut sejalan dengan penurunan angka kelahiran, peningkatan jumlah pensiunan, dan penurunan populasi Tiongkok secara keseluruhan.

BACA JUGA:   Dua Nelayan Kapal Ikan China Tewas usai Dikejar Taiwan, Beijing Ngamuk

Ekonom senior di Natixis Corporate and Investment Bank Gary Ng berpendapat menurunnya angka pernikahan dalam jangka waktu yang lebih lama akan semakin mengurangi angka kelahiran dan mengurangi angkatan kerja di negara yang sangat bergantung pada manufaktur itu.

(yla/pta)

[Gambas:Video CNN]




Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER