Tuesday, July 16, 2024
HomeHiburanMomen Lucu Anies Baswedan Ketika Bingung Diminta Cek Khodam oleh Warganet

Momen Lucu Anies Baswedan Ketika Bingung Diminta Cek Khodam oleh Warganet

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi sorotan di media sosial usai melakukan siaran langsung di akun TikTok pribadinya, @aniesbaswedan pada Rabu malam, 19 Juni 2024. Dalam sesi tersebut, Anies berinteraksi dengan para penontonnya, namun perbincangan tiba-tiba beralih ke topik jenaka yang sedang tren di media sosial, yaitu cek khodam online.

“Khodam aku apa, Pak? Apa ya, saya juga enggak tahu cek khodam itu apa,” katanya sambil tertawa. Komentar-komentar tersebut membuat Anies kebingungan karena tidak mengerti maksud dari permintaan tersebut.

Anies Baswedan Kebingungan Ditanya Cek Khodam

Suami Fery Farhati ini malah mengira komentar-komentar yang masuk itu salah ketik. “Ada yang bisa jelasin. Saya awalnya tadi mengira ini salah ketik. Lagi trend saja nih Bah, cek khodam. Halo, tapi apa artinya khodam,” ucapnya sambil membaca komentar yang masuk. “Ini ada yang bilang cek khodam, ada yang bilang abaikan. Tapi apa maksudnya itu?,” ujar Anies menambahkan.

Alih-alih mengabaikan pertanyaan tersebut, Anies memutuskan untuk melakukan riset langsung. Dia mencoba mencari tahu makna cek khodam dengan mencari informasi di Google. “Ini nggak ada yang ngasih penjelasan, saya juga ngecek apa itu khodam enggak ada yang membantu?,” kata Anies terlihat kebingungan. 

BACA JUGA:   Kasus Mega Korupsi Rp217 Triliun, Dirut PT Timah (TINS) Buka Suara

Reaksi lucu Anies ini langsung viral di media sosial, banyak warganet yang merasa terhibur oleh mantan calon presiden tersebut. Komentar-komentar warganet pun bermunculan, seperti, “Capek-capek kuliah sampe S3, pernah jadi rektor, pernah jadi dosen, eh disuruh netizen cek khodam,” tulis salah satu pengguna.

Fenomena cek khodam ini ternyata memang sedang tren di kalangan warganet, terutama di TikTok. Permainan cek khodam bahkan menjadi trending topic di platform X hingga Jumat, 21 Juni 2024. Dalam tren ini, warganet memeriksa keberadaan khodam berdasarkan nama mereka, melalui platform online.

Apa Itu Pengertian Khodam?

Iklan

Melansir dari laman Tesaurus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek), khodam merujuk pada entitas atau makhluk spiritual yang dipercaya memiliki kemampuan dan kekuatan gaib seperti pada belis, iblis, jin, setan, dedemit, demon, hantu. Khodam sering dikaitkan dengan praktik spiritual tertentu dan dipercaya dapat memberikan bantuan, perlindungan, atau pengetahuan.

Kata khodam berasal dari bahasa Arab ‘Khadam’ yang berarti pelayan atau penjaga. Wujud khodam beragam, bisa berupa manusia, hewan, energi, cahaya, atau makhluk ghaib, namun kasat mata. Di Indonesia, bahkan ada beberapa tradisi yang mengaitkan khodam dengan roh leluhur, seperti di adat Jawa dan Dayak.

BACA JUGA:   Deretan Fakta Menarik Usai Manchester City Libas FC Copenhagen di Liga Champions, The Citizens Catat Rekor Baru

Cara Cek Khodam Online

Namun, cek khodam yang sedang trending saat ini hanyalah bagian dari permainan yang dibuat oleh warganet. Tren cek khodam dilakukan secara online dengan memasukkan nama ke dalam website. Salah satu website populer untuk cek khodam adalah Check Your Khodam.

Pengguna bisa mengunjungi link cek khodam online di https://check-your-khodam.vercel.app/, memasukkan nama, dan klik opsi Check. Website akan menampilkan nama khodam yang dimiliki pengguna, yang bisa dibagikan ke media sosial. Nama-nama khodam yang muncul di website ini pun lucu-lucu, seperti khodam Cacing Dribble, Naga Kocak, Seblak Ceker, Raja Berkaki Seribu, Panda Cupu, dan masih banyak lagi.

Pilihan Editor: Anies Cerita Mengurus Kakeknya Waktu SMA agar Bisa Naik Vespa



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER