Monday, July 15, 2024
HomeInternasionalPM Malaysia Anwar Ibrahim Kirim Doa Ucapan Ultah untuk Jokowi

PM Malaysia Anwar Ibrahim Kirim Doa Ucapan Ultah untuk Jokowi


Jakarta, CNN Indonesia

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Presiden Joko Widodo, yang bertambah usia hari ini Jumat (21/6).

Pada kesempatan itu, Anwar menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan Jokowi.

“Selamat Harlah kepada Presiden Joko Widodo. Terima kasih atas dedikasi Bapak dalam memperkukuh hubungan antara negara kita,” ucap Anwar Ibrahim di akun Instagramnya, @anwaribrahim_my.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anwar juga mengucapkan harapannya agar Indonesia semakin maju.

“Semoga Indonesia terus maju dan sukses! Happy Birthday to Bapak Jokowi,” tulis Anwar.

Ucapan itu pun dibalas Jokowi dalam kolom komentar pada unggahan Anwar.

“Terimakasih banyak kepada Perdana Menteri Malaysia Bapak Anwar Ibrahim atas ucapannya, doa terbaik untuk kesehatan dan kesuksesan Bapak,” tulis Jokowi di kolom komentar.

Jokowi juga berharap hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia semakin maju.

BACA JUGA:   Jokowi Gelar Rapat Matangkan Pembentukan Satgas Judi Online

“Semoga hubungan baik Indonesia dan Malaysia selalu terbangun dan semakin maju. Salam saya untuk Rakyat Malaysia, saudara satu rumpun,” kata Jokowi.

Hari ini, Presiden Jokowi berulang tahun ke-63. Jokowi lahir di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Ia merupakan anak sulung dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi.

Ia lahir dengan nama Mulyono. Karena Mulyono sering sakit, kedua orang tuanya mengganti nama menjadi Joko Widodo.

Jokowi menempuh pendidikan dasar hingga akhir di Surakarta. Lalu, ia berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Usai menyelesaikan pendidikan, Jokowi sempat bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh. Ia juga pernah bekerja di CV Roda Jati, perusahaan di bidang kayu milik pamannya.

Pada 1988, Jokowi mendirikan perusahaan mebel CV Rakabu. Di bisnis itulah ia dipertemukan dengan pria berkebangsaan Prancis Bernard Chene. Bernard adalah orang yang memberi nama ‘Jokowi’ untuk Joko Widodo.

Dalam karier politiknya, Jokowi mengikuti pemilihan Wali Kota Solo pada 2005. Berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo, Jokowi terpilih dua kali sebagai Wali Kota Solo.

BACA JUGA:   Alasan AS Tak Lagi Veto Resolusi DK PBB Setop Agresi Israel di Gaza

Setelah sukses menaklukkan Solo, Jokowi diboyong PDIP ke DKI Jakarta. Jokowi dipasangkan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk ikut di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012.

Jokowi-Ahok sukses menaklukkan petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Mereka menang setelah dua putaran.

Belum habis masa jabatan di DKI, Jokowi lompat ke tingkat nasional. PDIP mengusungnya sebagai calon presiden pada Pilpres 2014.

Berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK), Jokowi mampu mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Pada 2019, Jokowi kembali ikut pilpres dan berhadapan dengan Prabowo. Berstatus petahana, Jokowi menang pilpres setelah merengkuh 55,5 persen suara.

Saat ini, Jokowi menjalani sisa masa jabatan yang akan berakhir pada Oktober 2024. Jabatan presiden selanjutnya akan diisi oleh Prabowo Subianto, didampingi Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak sulung Jokowi.

(dna)




Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER