Tuesday, July 16, 2024
HomeNasionalSetelah Pemuda Pancasila, Jubir Sebut Ormas Lain Bakal Ikut Dukung Anies Baswedan

Setelah Pemuda Pancasila, Jubir Sebut Ormas Lain Bakal Ikut Dukung Anies Baswedan

TEMPO.CO, Jakarta – Organisasi masyarakat atau ormas Pemuda Pancasila (PP) telah menyatakan dukungan untuk bakal calon gubernur Jakarta, Anies Baswedan, di Pilkada 2024. Juru bicara Anies Baswedan, Billy David Nerotumilena, meyakini akan ada banyak ormas lainnya yang bakal mengikuti PP untuk mendukung sosok petahana tersebut.

Menurut Billy, Anies sangat mengapresiasi dukungan dari PP. Billy berkata ormas berseragam loreng oranye dan hitam itu telah lama mendukung Anies. Dia menyatakan PP telah berhubungan baik dengan Anies sejak Pilgub Jakarta 2017 dan Pilpres 2024.

Billy mengatakan yakin dukungan dari ormas-ormas lain akan berdatangan. “Selain yang sudah menyatakan dukungan, kami juga mempercayai ke depan akan makin masif dukungan yang mengalir dari berbagai macam ormas,” kata Billy melalui pesan singkat pada Kamis, 20 Mei 2024.

Dia tidak menyebutkan ormas-ormas mana saja yang bakal ikut mendukung Anies di Pilkada Jakarta 2024. Namun, dia mengklaim ada banyak kelompok masyarakat atau komunitas dari berbagai latar belakang yang mendukung Anies. “Spektrumnya sangat luas,” ujar Billy.

BACA JUGA:   Hoaks Rekaman Dimarahi Surya Paloh Pakai Teknologi AI, Anies Gerah: Jangan Kampanye Kebohongan!

Daripada berspekulasi soal kelompok-kelompok yang belum konkret menyatakan dukungan, Billy memilih untuk fokus kepada kelompok yang sudah jelas-jelas mendukung Anies Baswedan. “Misalkan kemarin ada kelompok pendeta yang sudah datang ke DPP PKS untuk meminta lagi dukungan ke Pak Anies,” ujar Billy.

Saat ini, Anies telah menyatakan niatnya untuk maju kembali di Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon gubernur. Dia telah mendapatkan dukungan dari dewan perwakilan daerah (DPD) sejumlah partai, di antaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebelumnya, Anies memperoleh dukungan dari ormas Pemuda Pancasila alias PP. Ketua Majelis Pimpinan Wilayah PP Jakarta, Ilyas Abdullah, membenarkan hal tersebut.

Iklan

Dia mengatakan, alasan organisasinya mendukung Anies, adalah bentuk konsistensi PP. Sebab, saat pemilihan presiden lalu, PP juga mendukung Anies. “Ini konsistensi kami, tak pernah berubah,” kata Ilyas melalui pesan singkat, Kamis, 20 Juni 2024.

Dia melanjutkan, dukungan kepada bekas Gubernur Jakarta itu, juga telah digaungkan ke seluruh jajaran organisasi, baik di tingkat cabang maupun ke tingkat nasional.

BACA JUGA:   Anies Enggan Komentar soal PKB dan NasDem Merapat ke Prabowo

Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional PP, Arif Rahman, mengatakan apabila Anies ditugaskan untuk maju kembali menjadi calon pemimpin Jakarta. Maka, PP harus ada di sisinya untuk memberikan dukungan.

Apalagi, Anies merupakan kader dari PP. Ia dikukuhkan menjadi Anggota saat masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta, 2022 lalu. Saat itu, Ketua Umum PP, Japto Soelistyo Soerjosumarno adalah orang yang mengukuhkannya.

SULTAN ABDURRAHMAN | ANDI ADAM FATURAHMAN

Pilihan editor: Jokowi Ulang Tahun ke-63: Cawe-Cawe hingga Dinasti Politik



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER