Tuesday, July 16, 2024
HomeNasionalTito Ultimatum Pemda Segera Cairkan Anggaran Pilkada sebelum 9 Juli

Tito Ultimatum Pemda Segera Cairkan Anggaran Pilkada sebelum 9 Juli


Makassar, CNN Indonesia

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan ultimatum kepada seluruh kepala daerah yang belum mencairkan dana Pilkada. Ia meminta anggaran itu harus cair sebelum 9 Juli.

“Jadi [kalau] sampai 9 Juli tidak mentransfer, kami akan turunkan tim ke daerah itu,” kata Tito usai Rakor Pilkada Serentak 2024 Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Makassar, Rabu (26/6).

“Masalahnya apa, masalahnya memang tidak ada uang atau uangnya sengaja ditahan,” tuturnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tito menegaskan bakal memaksa pemerintah daerah untuk mencairkan anggaran Pilkada serentak, jika Pemda tersebut ketahuan dengan sengaja menahan dana itu.

“Kami akan paksa untuk segera cairkan kepada KPUD, Bawaslu dan aparat keamanan dan saya yakin akan dilaksanakan,” tuturnya.

Kemudian, Tito menyatakan Kemendagri akan meminta ke Kementerian Keuangan untuk mengirimkan dana hak daerah jika ternyata pencairan tertunda karena Pemda tidak mempunyai anggaran.

BACA JUGA:   Disiapkan untuk Pilgub Jakarta, NasDem Tak Persoalkan Kekalahan Anies di Pilpres

[Gambas:Video CNN]

“Dapat dana transfer dari DAU yang dipercepat untuk periode berikutnya, per tiap bulannya,” ungkapnya.

“Itu dipercepat beberapa bulan ke depan, sebagian untuk Pilkada dan sebagian untuk sisa Pilkada, sebagian lagi digunakan untuk operasional,” ucap Tito.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto juga mengimbau agar instruksi pencairan anggaran Pilkada segera dilaksanakan Pemda.

“Dan tadi sudah dicek pak Mendagri secara langsung satu per satu dan insyaallah nanti tanggal 9 juli 2024 semuanya untuk dana sudah bisa diterima pada termin kedua,” kata Hadi Tjahjanto.

(chri)




Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER