Monday, July 15, 2024
HomeNasionalLayanan Paspor Pulih, Dirjen Imigrasi Imbau Masyarakat Install Ulang Aplikasi M-Paspor

Layanan Paspor Pulih, Dirjen Imigrasi Imbau Masyarakat Install Ulang Aplikasi M-Paspor

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, meminta masyarakat menghapus dan menginstall ulang aplikasi M-Paspor apabila masih mengalami gangguan. 

“Karena kami melakukan install ulang, ya otomatis, kalau buat pemohon, lakukanlah reset ulang. Karena kalau masih pakai yang lama itu kadang-kadang tidak nyambung,” kata Silmy Karim saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat, 28 Juni 2024.

Silmy mengatakan aplikasi M-Paspor akan kembali lancar setelah pengguna menginstall baru aplikasi. Layanan imigrasi kembali pulih 100 persen hari ini setelah Imigrasi menggunakan data center alternatif. 

Layanan imigrasi sempat terganggu akibat sistem down setelah ransomware Brain Chiper menyerang sistem Pusat Data Nasional Sementara. Silmy mengatakan terdapat 431 layanan imigrasi di seluruh Indonesia dan 151 layanan di luar negeri yang terganggu. 

Silmy menceritakan, tim IT sempat menyelidiki penyebab utama gangguan sistem pada Kamis, 20 Juni 2024. Mereka mendapat informasi gangguan berasal dari PDN. Setelah menunggu 12 jam tanpa konformasi, Silmy menghubungi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menyiapkan pusat data alternatif. 

BACA JUGA:   PDNS Diretas, 47 Layanan Kemendikbudristek Terganggu

Iklan

Silmy mengungkapkan layanan paspor adalah layanan terakhir yang pulih. Sebab imigrasi mesti melakukan pengaturan ulang pada tiap kantor imigrasi untuk memulihkannya, termasuk kantor di luar negeri. 

Layanan visa kembali pulih pada Ahad, disusul izin tinggal. Namun layanan paspor belum pulih 100 persen. Mendapat laporan tersebut, Silmy mengumumkan layanan pulih 100 pesen pada Senin. 

“Kemudian kemarin saya cek, sehari sebelumnya saya cek. Nah hari ini Alhamdulillah sudah berhasil di-recover 100 persen, walaupun tentu kita pasti masih ada satu-dua yang mungkin ada gangguan sedikit-sedikit, menunggu kestabilan, tetapi sudah recover,” ujar Silmy.

Pilihan Editor: Demokrat Sebut Kaesang Bisa Jadi Opsi untuk Pilgub Jakarta



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER