Tuesday, July 16, 2024
HomeNasionalPDIP Tak Takut Duet Kaesang-Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Djarot: Kami Bukan...

PDIP Tak Takut Duet Kaesang-Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Djarot: Kami Bukan Banteng Penakut

TEMPO.CO, Jakarta – Djarot Saiful Hidayat mengatakan PDIP tidak gentar jika Kaesang Pangarep disandingkan dengan Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah atau Pilgub Jateng. 

“Masa kita takut. PDI Perjuangan itu bukan banteng penakut. Kita itu partai ideologis ya sepanjang proses itu sesuai dengan aturan,“ kata Djarot di Kompleks Parlemen DPR RI, Kamis, 11 Juli 2024. 

Namun Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP ini mengingatkan agar tidak ada praktik penyalahgunaan kekuasaan atau cawe-cawe, bukan hanya Pilkada Jawa Tengah, tetapi di semua pemilihan kepala daerah di mana pun. 

“Terutama pengerahan aparat penegak hukum untuk menarget orang per orang. Itu tidak bagus,” ujar Djarot. 

Menurut Djarot, seharusnya kepolisian tidak boleh memproses hukum calon atau kandidat karena ditengarai bisa menjadi pembunuhan karakter terhadap calon. 

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, mengatakan internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah membicarakan peluang duet Ahmad Luthfi dengan Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng. 

BACA JUGA:   Hasto PDIP: Tidur Saat Demokrasi Terancam, akan Bangun di Alam Kediktatoran

“Sudah ada pembicaraan, tetapi saya kira nanti akan dikerucutkan, bersama-sama dengan DKI/DKJ dan Jawa Barat,” kata Eddy di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli 2024.

Iklan

Eddy tak mengungkapkan bagaimana sikap partai-partai di internal KIM terhadap opsi memasangkan Kapolda Jawa Tengah dan anak sulung Presiden Jokowi itu. KIM merupakan kongsi partai pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman juga membuka kemungkinan duet antara Kaesang dan Ahmad Luthfi.

“Kaesang sangat kuat di Jateng. Pak Luthfi juga kuat. Tinggal nanti dibicarakan di level koalisi seperti apa,” kata Habiburokhman saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu, 10 Juli 2024.

Lebih lanjut, Habiburokhman menegaskan bahwa sejauh ini belum ada nama yang resmi didaftarkan dalam Pilgub Jateng oleh partainya maupun Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pilihan Editor: PAN Sebut Duet Ahmad Luthfi-Kaesang di Pilgub Jawa Tengah Sudah Dibahas KIM

ALPIN PULUHAN | SAVERI ARISTIA WIENANTO



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER