Monday, May 20, 2024
HomeBatamPresiden Jokowi Akan Bagikan Beras Gratis Mulai Awal September

Presiden Jokowi Akan Bagikan Beras Gratis Mulai Awal September

BATAMUPDATE.COM, BATAM 21,3 juta rakyat miskin akan mendapatkan bantuan 10 kg beras dari Presiden Jokowi demi mengendalikan harga yang naik di pasaran.
Jokowi menyebut kebijakan itu ditempuh dengan pertimbangan; untuk meredam inflasi. Jokowi mengatakan beras adalah komoditas utama pendorong inflasi.

Dan katanya, harga beras sudah naik sekitar 5-6 persen di bulan ini. Oleh karena itulah, demi membantu masyarakat miskin itu, pemerintah menggelontorkan bantuan beras itu.

“Mulai awal September akan didistribusikan bantuan pangan beras. Per satu keluarga menerima manfaat dapatkan 10 kg beras,” jelasnya dalam pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8).

Selain September, Jokowi mengatakan beras akan dibagikan pada Oktober dan November.

Meski akan membagikan beras gratis, Jokowi meminta para menteri dan kepala daerah yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi (TPI), baik di pusat dan daerah, tetap rajin memantau harga beras di lapangan.

“Ini semi operasi pasar, sehingga setiap bulan keluar 210 ribu ton, selama 3 bulan akan terus kita berikan bantuan pangan lewat beras kepada 21,3 juta KPM,” tutur Jokowi.

BACA JUGA:   Dalam Seminggu 130 Warga Tiongkok Ditangkap di Batam Terlibat Kasus Love Scamming

Ia juga berpesan kepada Perum Bulog agar segera menggelontorkan stok saat ini sebanyak 1,6 juta ton di gudangnya. Selain itu, Jokowi meminta kepala daerah untuk mengucurkan anggaran guna mengendalikan harga beras.

Arahan kepada masing-masing kepala daerah untuk intervensi pasar itu diharapkan bisa mengendalikan inflasi dan perlahan turun ke 2,5 persen plus minus 1 persen. (Red)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER