Friday, April 19, 2024
HomeNasionalResmi, 9 Pj Gubernur Dilantik

Resmi, 9 Pj Gubernur Dilantik

BATAMUPDATE.COM, JAKARTA– Sembilan gubernur resmi purna tugas. Untuk menyambung tongkat kepemimpinan, Mendagri Tito Karnavian melantik sembilan penjabat (Pj) gubernur di Jakarta pada Selasa (5/9).

Sebelumnya, para penjabat gubernur itu ditentukan melalui sidang tim penilai akhir (TPA) yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (31/8).

Para penjabat gubernur yang dilantik itu langsung bekerja hari ini, dan memiliki masa jabatan satu tahun, serta dapat diperpanjang satu tahun berikutnya.

Pj Gubernur menjabat hingga ada gubernur definitif hasil Pilkada. Adapun pemilihan kepala daerah dijadwalkan bakal digelar secara serentak pada November 2024 mendatang.

Sembilan penjabat gubernur itu mengucapkan sumpah jabatan mengikuti yang dibacakan Tito pada Selasa pagi ini. Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur. Keppres itu ditetapkan Presiden Jokowi pada 4 September 2023.

Nama-nama penjabat gubernur yang dilantik hari ini oleh Tito itu di antaranya adalah Bey Machmudin sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat dan Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah.

BACA JUGA:   INFOGRAFIS: Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Ramadan 1445 H/2024 DIY

Penunjukan Pj Gubernur itu menyusul habisnya masa jabatan Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

Selain Bey dan Nana, ada sejumlah nama pejabat pemerintahan yang ditunjuk sebagai pj gubernur. Mereka dilantik bersamaan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Orang yang ditunjuk sebagai pj gubernur harus berstatus pejabat pimpinan tinggi madya atau setara eselon I. Pj bupati dan wali kota harus berasal dari pejabat tinggi pratama atau setara eselon II.

Ini daftar nama pj gubernur yang dilantik:

1. Mayjen TNI Purn Hasanuddin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara

2. Bey Priadi Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat

3. Komjen Pol Purn Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah

4. Irjen Pol Purn Sang Made Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali

5. Ayodhia Kalake sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur

6. Harrison sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat

7. Bachtiar sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan

8. Komjen Pol Purn Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

BACA JUGA:   Persoalan Rempang akan Dibahas Presiden Setelah Kepala BP Batam Sampaikan Progres dan Harapan Warga Rempang kepada Menko Perekonomian

9. Muhammad Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua. ***

sumber: cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER