Friday, June 21, 2024
HomeBatamPerlu Diwaspadai, Berikut 7 Gejala Diabetes Saat Bangun Tidur

Perlu Diwaspadai, Berikut 7 Gejala Diabetes Saat Bangun Tidur

BATAMUPDATE.COM, BATAM Diabetes merupakan salah satu penyakit sindrom metabolik yang bisa berujung fatal. Jika tak ditangani, diabetes bisa berujung pada masalah jantung, kerusakan ginjal, dan organ-organ lainnya.

Diabetes adalah kondisi saat pankreas tak mampu memproduksi insulin. Kondisi ini membuat kadar gula darah meningkat, tanda diabetes sendiri sering kali terlihat halus atau kadang tak disadari bahkan ada beberapa gejala diabetes pada pagi hari yang perlu diwaspadai.

Gejala diabetes pada pagi hari
Tanpa disadari, gejala diabetes juga bisa muncul pada hari hari. Gejala ini biasanya disebabkan oleh fenomena fajar atau dawn phenomenon.

Mengutip Cleveland Clinic, fenomena fajar terjadi saat hormon yang diproduksi tubuh secara alami di pagi hari meningkatkan gula darah.

Berikut beberapa gejala diabetes saat bangun tidur.

1. Mulut kering
Jangan anggap sepele jika mulut terasa kering di pagi hari. Bisa jadi itu adalah gejala diabetes.

Mengutip Times of India, Anda perlu semakin waspada saat mulut kering dibarengi dengan rasa haus yang kuat setelah bangun tidur.

BACA JUGA:   FKJP Kepri Resmi Dikukuhkan: Masyarakat dan Perusahaan Bersatu Perkuat Dunia Pekerjaan

2. Lapar
Anda juga perlu waspada jika rasa lapar tiba-tiba meningkat saat bangun tidur. Rasa lapar yang meningkat jadi salah satu gejala fenomena fajar.

3. Mual
Mual juga bisa menandakan adanya peningkatan kadar gula darah. Namun, gejala ini bisa muncul akibat komplikasi diabetes dan kondisi lainnya.

Sering kali mual yang terjadi tidak terlalu berbahaya dan hanya berlangsung untuk sesaat.

4. Mata buram
Diabetes dapat memicu pembesaran lensa mata yang dapat menyebabkan penglihatan kabur. Lensa akan membesar saat kadar gula darah naik ataupun turun.

Namun saat kadar gula darah kembali normal, penglihatan akan kembali seperti biasa.

5. Kaki kesemutan
Kerusakan saraf juga bisa disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Saraf pada bagian tungkai dan kaki paling sering terkena neuropati diabetik.

Kesemutan jadi salah satu gejala neuropati diabetik yang paling umum.

6. Kelelahan
Kelelahan bisa muncul pada orang dengan diabetes yang terkontrol sekali pun.

Namun selain diabetes, rasa lelah juga bisa mengindikasikan masalah psikologis dan masalah endokrin lainnya.

BACA JUGA:   Menteri Investasi dan Kepala BP Batam Sampaikan Update Progress Investasi Rempang saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI

7. Sakit kepala
Selain rasa lelah, Anda juga perlu mewaspadai sakit kepala di pagi hari. Sakit kepala jadi salah satu gejala gula darah tinggi di pagi hari. (Red)

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER