Wednesday, April 17, 2024
HomeNasionalJokowi Ingatkan TNI Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Jokowi Ingatkan TNI Jaga Netralitas di Pemilu 2024

BATAMUPDATE.COM, JAKARTA-Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan HUT ke 78 di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Kamis (5/10/2023). Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjaga netralitas di Pemilu 2024.

Jokowi mengingatkan, saat ini Indonesia tengah memasuki tahun politik. Ia menginginkan TNI menjaga netralitas dan menjaga sinergisitas dengan Polri di Pemilu 2024.

“Kita kini telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun, berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar,” ucap Jokowi.

“Tetap jaga sinergisitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria. Selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak,” pungkasnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan keterbatasan anggaran untuk penyediaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi TNI.

“Urusan alutsista, memang modernisasi alutsista sangat diperlukan. Namun, keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar, sehingga belanja alutsista harus dilakukan bijak, baik caranya maupun peruntukannya,” ujar Jokowi.

BACA JUGA:   Anggota Komisi I Kecam Bentrok TNI dan Brimob Polri di Sorong

Jokowi ingin modernisasi alutsista harus menjadi bagian dari pengembangan investasi industri pertahanan dalam negeri.

“Harus didorong transfer teknologi, harus didorong peningkatan SDM, dan harus diutamakan produk dalam negeri,” imbuhnya.

“Terkait dengan ini saya minta agar anggaran yang dimiliki karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit dalam mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat, sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan harus diputar kembali untuk rakyat,” jelas Jokowi. ***

sumber: beritasatu.com

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER