Friday, April 12, 2024
HomeBatam99 Satpam PT Siaga Jaya Ikut Uji Kompetensi Kualifikasi Gada Madya

99 Satpam PT Siaga Jaya Ikut Uji Kompetensi Kualifikasi Gada Madya

BATAMUPDATE.COM, BATAM-Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Siaga Jaya bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2 Polri yang disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menggelar uji kompetensi kualifikasi Gada Madya bagi 99 orang para Satuan Pengamanan (Satpam) PT Siaga Jaya, Sabtu (7/10) di Mall Botania 2 Batamcentre.

Kegiatan yang dibuka oleh Komisioner BNSP Bonardo Aldo Tobing ini dibagi menjadi 2 gelombang yang pelaksanaannya dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Adapun materi yang diujikan dibagi menjadi dua bagian yaitu ujian teori dan ujian praktek yang wajib dikuasai oleh para Satpam berupa memimpin pelaksanaan tugas, melakukan sosialisasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan, melakukan penanganan kerawanan di tempat kerja, melakukan penanganan keadaan darurat, melakukan tindakan pertama di Tempat Kejadian Perkara (TKP), melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan melakukan penegakkan hukum secara terbatas.

Direktur PT Siaga Jaya Nurwahid, SH, CCPS didampingi Kepala Pusdiklat PT Siaga Jaya Jalniadi mengatakan, uji kompetensi bagi Satpam itu dilaksanakan untuk menguji kompetensi sesuai standar. Karena ‎berdasarkan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 18 dan Perpol Nomor 4 Tahun 2020, setiap tenaga kerja, dalam hal ini, khususnya petugas satpam, berhak memperoleh pengakuan atas kompetensi yang dimilikinya.

BACA JUGA:   Tabrak Mahasiswa Hingga Tewas, Anggota Polisi di Sulut Ditahan

“Agar nantinya Satpam yang telah mengantongi sertifikat dapat memperlihatkan kinerja yang bisa dipertanggungjawabkan, terutama dalam menerapkan sistem manajemen pengamanan yang baik di perusahaan tempat bekerja. Selain itu diharapkan dari kegiatan ini dapat menghasilkan Satpam yang memiliki sikap mental yang baik serta berkarakter dan bermartabat dalam melakukan tugasnya di lapangan kelak ketika bekerja,” katanya.

Dari kegiatan ini Nurwahid juga berharap agar setiap peserta dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Supaya dapat menjadi Satpam yang memiliki kompotensi dan bisa lebih disiplin, jujur, memiliki sikap dan mental yang baik. ” Jadi tidak hanya mengejar sertifikat saja namun yang terpenting adalah ilmu serta keterampilan yang diberikan dapat diaplikasikan dalam tugas yang nantinya dilakukan setelah selesai melaksanakan kegiatan ini,” katanya.

Nurwahid menambahkan bahwa PT Siaga Jaya yang berkantor di Ruko Business Centre & Apartemen Blok B Nomor 1 Batam Centre ini selalu berkomitmen menciptakan Satpam-Satpam yang terampil, disiplin, jujur, rajin dan berdedikasi tinggi dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya. Saat ini, katanya, PT Siaga Jaya memiliki 300 an Satpam yang berkompeten yang bekerja di Batam, Riau dan Sumatera Barat. Dan berkat kerja keras dari timnya, tidak sedikit PT Siaga Jaya diganjar penghargaan, seperti penghargaan Indonesian Inspire and Best Company Award 2019 untuk kategori The Best Improvement Company of The Year.

BACA JUGA:   Taiwan Lirik KEK Nongsa Digital Park

Sementara itu, Komisioner BNSP Bonardo Aldo Tobing usai membuka kegiatan tersebut mengimbau kepada perusahaan-perusahaan dan kawasan industri di Batam, agar mengikutsertakan anggota Satpam di lingkungan perusahaannya, untuk mengikuti uji kompetensi profesi Satpam yang diprogramkan oleh BNSP, baik kualifikasi gada utama, gada madya, maupun gada pratama. Hal tersebut sejalan dengan amanat presiden RI yang telah mencanangkan pada era kompetensi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur LSP P-2 Sekuriti PP Polri Irjen POL (P) Drs A Kamil Razak, dan Dir Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Endro Prasetyo yang diwakilkan oleh Kasubdit Binsatpam/Polsus Ditbinmas Polda Kepri Kompol Krisna Ramadhani. ***

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER