Monday, April 15, 2024
HomeBatamBKN Berikan Waktu Masa Sanggah Tiga Hari, Pelamar CASN Capai 2,4 Juta...

BKN Berikan Waktu Masa Sanggah Tiga Hari, Pelamar CASN Capai 2,4 Juta Orang

BATAMUPDATE.COM, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi menutup proses pendaftaran dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 pada 11 Oktober 2023. BKN mencatat total pendaftar yang mengikuti seleksi calon abdi negara tahun ini mencapai 2.409.882 orang.

Berdasarkan data yang dirilis BKN, jumlah pelamar untuk posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mencapai 945.404 orang. Sementara untuk pelamar formasi PPPK terdiri atas pelamar PPPK Guru sebanyak 439.020; pelamar PPPK Tenaga Kesehatan sebanyak 388.145; dan pelamar PPPK Tenaga Teknis sebanyak 637.313 orang.

Instansi pusat yang mendapat pelamar CPNS terbanyak adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebanyak 231.109 pelamar. Sementara itu, instansi dengan pelamar PPPK Guru terbanyak yaitu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan 10.155 orang.

Kemudian instansi dengan pelamar PPPK Tenaga Kesehatan terbanyak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan 12.605 pelamar. Sedangkan instansi dengan pelamar PPPK Teknis terbanyak yaitu Kementerian Agama (Kemenag) dengan 126.436 pelamar.

“Perpanjangan waktu pendaftaran selama dua hari memberi kesempatan lebih banyak kepada pelamar untuk tahapan submit dan resume,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen lewat keterangan tertulis, Kamis (12/10/2023).

BACA JUGA:   Ombudsman RI Tinjau Hunian Sementara

Untuk diketahui, kebutuhan formasi CPNS 2023 hanya dialokasikan untuk instansi pusat, yang terbagi dalam 14 kementerian/lembaga. Pemerintah tidak mengalokasikan lowongan CPNS 2023 ke instansi daerah.

Sementara untuk instansi daerah pada tahun ini dikhususkan untuk alokasi formasi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), baik PPPK Guru, PPPK Tenaga Kesehatan, maupun PPPK Teknis.

Suharmen mengatakan pelamar yang telah berhasil menyelesaikan pendaftaran mulai kemarin sudah bisa mencetak kartu pendaftaran di portal SSCASN. Dia mengatakan untuk selanjutnya pelamar tinggal menunggu hasil seleksi administrasi.

Pengumuman hasil verifikasi membutuhkan waktu, karena verifikasi dari masing-masing instansi sudah berjalan paralel sejak pendaftaran dibuka. Merujuk pada penyesuaian jadwal seleksi CASN 2023 tanggal 9 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi akan berlangsung mulai 15 Oktober 2023.

BKN menyebut hasil administrasi akan dibarengi dengan masa sanggah dan jawab sanggah yang akan berlangsung hingga 23 Oktober. Pelamar akan diberikan kesempatan sanggah selama 3 hari dan akan dijawab oleh masing-masing verifikator instansi melalui portal.

Suharmen mengatakan masa sanggah bukanlah kesempatan untuk memperbaiki berkas atau data yang salah diinput oleh pelamar. Masa sanggah, kata dia, ada kesempatan untuk menyatakan bahwa data yang diinput sudah benar.

BACA JUGA:   Segel Plastik Masih Ditunggu, KPU Batam Berupaya Antisipasi Kelancaran Pemilu

“Tetapi ada yang terlewat oleh verifikator instansi mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar,” kata Suharmen.

Adapun seleksi CPNS pada tahun ini akan dilaksanakan dengan metode CAT (computer assisted test). CAT adalah tes dalam seleksi CPNS berbasis komputer, di mana nilai dapat dimonitor langsung. (*/man)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER