Tuesday, July 16, 2024
HomeBatamKomitmen Pemko Batam Lakukan Upaya Intervensi Bahan Pokok, Harga Beras Batam Rp...

Komitmen Pemko Batam Lakukan Upaya Intervensi Bahan Pokok, Harga Beras Batam Rp 12.800 Perkilogram

BATAMUPDATE.COM, BATAM Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. secara virtual mengikuti jalannya Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Minggu IV Bulan November Tahun 2023, bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, dari Kantor Walikota Batam, Senin (27/11/2023).

Jefridin menyampaikan bahwa pada Minggu keempat Bulan November 2023, telah terjadi penurunan harga pada komoditi beras medium. Hal tersebut disampaikan Jefridin berdasarkan data perkembangan harga komoditi pangan Tim Monitoring, yang diterimanya terhitung tanggal 20 s.d. 24 November 2023.

“Pada Minggu ketiga lalu, bahan pokok beras medium berada pada harga Rp 13.500 ribu perkilogramnya. Kemudian, pada minggu keempat ini allhamdulilah terjadi penurunan harga menjadi Rp 12.800 ribu perkilogram,” ujar Jefridin, di Kantor Walikota Batam, Senin (27/11/2023).

Dengan begitu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam berhasil untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok terutama beras. Jelas Jefridin, keberhasilan ini tidak lain berkat program Pemko Batam dalam mengintervensi harga pasar.

BACA JUGA:   5 Penyakit yang Muncul Sepanjang 2023, Covid Naik Lagi

“Untuk menekan angka inflasi dan kenaikan harga kebutuhan pokok ini Pemko Batam telah melakukan berbagai upaya intervensi terutama pada komoditi beras. Telah kita laksanakan program pasar murah, sembako bersubsidi, penyaluran beras gratis dan sembako gratis bagi KPM PKH yang saat ini masih berlangsung,” tegas Jefridin.

Tambahnya, bahwa harga beras saat ini mengalami kenaikan terutama di daerah penghasil. Di Pulau Jawa harga beras diketahui mencapai harga Rp 16 ribu per kilogramnya. Jefridin atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berharap dengan berbagai upaya dan program pemerintah dalam mengintervensi harga pasar ini dapat meringankan beban perekonomian masyarakat Kota Batam.

“Allhamdulilah harga beras sudah terkendali. Walau masih ada beberapa komoditi pangan yang harganya masih harus kita tekan,”jelas Jefridin.

Diketahui harga komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan harga pada minggu ke IV November yaitu cabe merah keriting, terjadi Kenaikan Harga pada tanggal 24 November dari harga Rp 65 ribu ke harga Rp 75 ribu dikarenakan stok sedikit. Cabe rawit hijau seharga Rp 65 ribu perkilogram, bawang merah mengalami kenaikan harga dari Rp 32 ribu perkilogran ke harga Rp 36 ribu perkilogramnya dikarenakan stok yang sedikit.

BACA JUGA:   TKN Prabowo-Gibran Bagi-bagi 300 Becak Listrik di Madiun

“Sedangkan untuk harga gula pasir allhamdulilh kita masih stabil di harga Rp 15 ribu perkilogramnya. Pak Wali terus berkomitmen mengintervensi kenaikan harga- harga ini,” jelasnya.(*)

 

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER