Monday, April 15, 2024
HomeNasionalMahfud Md Mundur, akan Temui Jokowi Serahkan Surat Pengunduran Diri

Mahfud Md Mundur, akan Temui Jokowi Serahkan Surat Pengunduran Diri

TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil presiden Mahfud Md. akan mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Mahfud menyebut secara resmi akan mundur ketika bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Mahfud menyebut pengunduran dirinya juga telah dibahas bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno beberapa hari lalu. Mahfud mengatakan dirinya meminta untuk segera bertemu dengan Presiden Joko Widodo agar dapat menyerahkan surat pengunduran dirinya secara langsung.

“Dulu diangkat dengan penuh kepercayaan, sehingga saya bekerja dengan hati-hati, insyaallah baik. Saya akan pamit dengan pernuh pengormatan kepada beliau,” kata Mahfud pada sela kampanye di Lampung yang Tempo pantau melalui akun Youtube Mahfud pada Rabu, 31 Januari 2024.

Selain itu, Mahfud mengatakan saat ini Presiden Jokowi sedang bertugas di luar Jakarta dan akan kembali pada Kamis besok, 1 Februari 2024. Pun, Mahfud akan kembali ke Jakarta usai kampanye besok. Oleh karena itu, Mahfud berharap pertemuan dengan Presiden Joko Widodo bisa terlaksana secepatnya. 

BACA JUGA:   Eks Kader dan Simpatisan PDIP Beralih Dukungan ke Prabowo-Gibran: Tegak Lurus Pak Jokowi

Mahfud menjelaskan keputusannya itu juga telah dibicarakan oleh segenap partai koalisi dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Setelah pembicaraan bersama koalisi beserta TPN, didapat kesimpulan langkah mundur dari jabatan negara selama proses Pilpres 2024 adalah langkah yang bijak.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Mahfud Md belum bisa dipastikan.Ketika ditanya apakah pertemuan itu akan berlangsung pada Kamis, 1 Februari 2024, Praktikno, tidak menjawab terang. “Bapak Presiden masih kunjungan kerja,” kata Pratikno saat dihubungi pada Rabu, 31 Januari 2024.

Iklan

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, mengatakan Mahfud sudah tegas menyatakan pengunduran diri sebagai menteri di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Menurut dia, Mahfud mundur sebagai sikap protes moral atas telanjangnya kekuasaan dan aparat negara yang digunakan untuk memenangkan salah satu peserta Pilpres 2024.

 “Proses pengunduran diri beliau secara formal sedang ditempuh dan akan diumumkan segera,” kata Karaniya saat dikonfirmasi pada Rabu, 31 Januari 2024.

BACA JUGA:   Direktur UI Buka Suara soal Dugaan Kekerasan Seksual Melki Sedek Huang

Selain itu, dia menyebut pada saat bertemu dengan Presiden Jokowi, Mahfud akan secara langsung menyerahkan surat pengunduran diri sebagai menteri. Saat ini, kata Karaniya, masih mencocokkan jadwal Mahfud dengan Presiden Jokowi. 

“Ini adalah waktu menyerahkan surat pengunduran diri dan pamitan ke presiden. Jadwal pasti sedang mencocokkan waktu Prof. Mahfud untuk bertemu dengan Presiden, hal ini sedang diatur Mensesneg Pratikno,” kata Karaniya. 

 Pilihan Editor: Bekas Anak Buah Jokowi dan Gibran Dukung Ganjar-Mahfud, Tolak Pemimpin yang Emosional dan Tak Santun



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER