Friday, April 12, 2024
HomeHiburanTak Sia-Sia Berguru Sebelum Nyaleg, Total Suara Komeng Kini Hampir Setara dengan...

Tak Sia-Sia Berguru Sebelum Nyaleg, Total Suara Komeng Kini Hampir Setara dengan Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti

Suara.com – Potensi kelolosan pelawak Alfiansyah Bustami atau Komeng sebagai senator DPD RI semakin terbuka lebar. Komeng makin unggul dari pesaing-pesaingnya di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat.

Sebagaimana tersaji dalam data penghitungan resmi (real count) Pemilu 2024 di laman Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (18/2/2024), Komeng sudah mengumpulkan 1,5 juta suara penduduk Jawa Barat.

Capaian suara Komeng melesat jauh bila dibandingkan nama-nama tenar lain seperti Jihan Fahira hingga mantan bupati Garut, Aceng Fikri.

Foto Komeng dalam kertas suara Pemilu 2024 (Twitter/wirashalci)

Total dukungan untuk Jihan Fahira baru mendekati 600 ribu suara. Sementara untuk Aceng Fikri, jumlah suara yang didapat bahkan belum sampai 500 ribu.

Dengan hasil yang didapat saat ini, dukungan warga Jawa Barat untuk Komeng bahkan nyaris mendekati total pencapaian suara dari Ketua DPD RI periode 2019-2024, La Nyalla Mattaliti. Bertarung di Jawa Timur, La Nyalla sejauh ini jadi calon yang mendapat dukungan tertinggi di kisaran 1,6 juta suara.

Total capaian suara Komeng yang nyaris mendekati raihan La Nyalla Mattaliti pun disorot banyak kalangan. Sebelumnya, Komeng sempat bercerita bahwa La Nyalla adalah salah satu mentornya untuk nyaleg di Pemilu 2024.

BACA JUGA:   Real Madrid Puncaki Klasemen Liga Spanyol Usai Menang 3-0 atas Cadiz

“Saya banyak bertanya dengan incumbent. Ada Bang Oni, terus ketemu Ketua DPD Pak La Nyalla. Saya nanya, ‘Pak, di sana ngapain aja sih? Saya ada program gini-gini bisa nggak?’, gitu sih,” papar Komeng dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Proses real count Pileg DPD RI di Jawa Barat sendiri baru 52 persen. Besar kemungkinan untuk Komeng bisa mengungguli La Nyalla Mattaliti, yang total penghitungan suara keseluruhan di Jawa Timur sudah mencapai 65 persen.

Komeng ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (16/2/2024)[Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
Komeng ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (16/2/2024)[Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Cerita Komeng mencalonkan diri untuk pemilu legislatif memang baru viral selepas hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 kemarin. Penyebabnya, Komeng berani tampil beda lewat pose nyeleneh dalam foto surat suara.

Meski begitu, kabar Komeng meramaikan pemilu legislatif sebenarnya sudah berhembus sejak 2023. Dalam sebuah wawancara, Komeng mengaku ingin maju sebagai senator DPD RI agar bisa memberikan hiburan gratis bagi warga.

“Saya mau hidupin gedung kesenian, biar orang bisa nonton gratis. Gue kan nggak bisa kasih kesejahteraan, jadi gue mau kasih kebahagiaan,” terang Komeng, dalam sebuah wawancara pertengahan 2023 lalu.

BACA JUGA:   Dua WNA Tewas Tertimpa Longsor Saat Menginap di Vila Bali

Komeng sempat berikhtiar mewujudkan niat mulianya saat menjabat sebagai Ketua PASKI untuk wilayah Jawa Barat. Hanya saja, Komeng kesulitan merealisasikan wacana itu karena tidak punya kedudukan yang kuat.

“Saya kan sempat jadi Ketua PASKI Jawa Barat, nah saya tuh mau hidupin beberapa gedung kesenian di kota madya dan kabupaten. Tapi waktu itu nggak tembus, makanya mau dicoba lewat DPD,” jelas Komeng.

Kini, asa Komeng memperjuangkan hak-hak pelawak lewat parlemen terbuka lebar. Hanya saja, Komeng tetap tidak jumawa dengan memilih menunggu hasil real count KPU benar-benar tuntas.

Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER