Friday, April 19, 2024
HomeNasional2 Tersangka TPPO Modus Magang ke Jerman Masuk Daftar Buron

2 Tersangka TPPO Modus Magang ke Jerman Masuk Daftar Buron


Jakarta, CNN Indonesia

Bareskrim Polri resmi menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap 2 tersangka kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) modus magang (Ferienjob) ke Jerman.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan DPO diterbitkan untuk tersangka ER alias AW, petinggi PT SHB dan A alias A, petinggi CV GEN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Minggu kemarin sudah kami terbitkan DPO, selanjutnya kami berkoordinasi dengan Hubinter dan KBRI di Jerman,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (3/4).

Djuhandani mengatakan penerbitan DPO itu dilakukan pihaknya lantaran kedua tersangka tidak kooperatif. Selain itu, mereka juga tidak memenuhi panggilan penyidik dan masih berada di Jerman.

“Karena yang bersangkutan tidak menghadiri pemanggilan kami,” ujarnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri membeberkan modus Tidak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok magang (ferien job) ke Jerman. Total ada 1.047 mahasiswa diberangkatkan ke Jerman melalui program magang ilegal ini.

BACA JUGA:   Mahfud: Korupsi Tambang Dibasmi, Rakyat Bisa Dapat Rp20 Juta per Bulan

Dalam perkara ini, polisi telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Dua di antaranya sampai saat ini masih berada di Jerman.

Kelima tersangka itu merupakan perempuan berinisial ER alias EW (39), A alias AE (37), perempuan AJ (52), dan laki-laki inisial SS (65) dan MZ (60).

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 4 UU No. 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan TPPO dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun penjara dan denda Rp600 juta.

Kemudian Pasal 81 UU No 17 Tahun 2017 tentang pelindungan pekerja migran Indonesia, dengan ancaman pidana penjara paling lama sepuluh tahun dan pidana denda paling banyak Rp15 miliar.

(tfq/fra)

[Gambas:Video CNN]



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER