Monday, April 15, 2024
HomeInternasionalKorban Tewas Gempa Taiwan Jadi 9 Orang, 900 Luka-luka

Korban Tewas Gempa Taiwan Jadi 9 Orang, 900 Luka-luka


Jakarta, CNN Indonesia

Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 900 orang luka-luka imbas gempa bumi bermagnitudo 7,7 yang melanda Hualien, Taiwan, Rabu (3/4).

Otoritas melaporkan setidaknya 50 staf hotel hilang dalam perjalanan ke hotel di taman nasional Taroko Gorge. Tim penyelamat masih berupaya menemukan seluruh staf tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir AFP, puluhan orang saat ini juga masih terjebak akibat tanah longsor di sejumlah terowongan sekitar gunung. Tim masih kesulitan menjangkau mereka namun meyakini seluruhnya dalam keadaan aman.

Berdasarkan laporan Reuters, otoritas pemadam kebakaran telah menyelamatkan 70 orang yang terjebak di beberapa terowongan dekat Hualien. Dua di antaranya merupakan warga negara Jerman.

Selain itu, sebanyak 80 orang juga hingga kini masih terjebak di sebuah area pertambangan. Kendati begitu, tidak diketahui apakah mereka berada di dalam tambang atau tidak.

BACA JUGA:   AS Kutuk Serangan Iran ke Irak, Suriah, hingga Pakistan

Gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Kota Hualien, Taiwan, sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat. Menurut catatan Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa berada di 18 kilometer selatan Hualien. Gempa ini berkedalaman 34,8 kilometer.

Gempa ini terasa hingga ke sejumlah negara seperti Jepang, Filipina, serta beberapa wilayah China.

Di Jepang, guncangan sempat memicu peringatan tsunami hingga setinggi tiga meter. Otoritas setempat sampai mengimbau evakuasi warga di wilayah pesisir, terutama di Okinawa.

Tsunami kecil setinggi 0,3 meter bahkan telah tiba di Pulau Yonaguni, barat daya Jepang. Saat ini otoritas Jepang telah mencabut peringatan tsunami.

(bac)

[Gambas:Video CNN]



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER