Friday, June 21, 2024
HomeInternasionalKorsel Kecam Korut soal Balon Isi Tinja-Sampah: Tindakan Rendahan

Korsel Kecam Korut soal Balon Isi Tinja-Sampah: Tindakan Rendahan


Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akhirnya angkat bicara terkait aksiĀ Korea Utara (Korut) yang mengirim balon-balon berisi tinja dan sampah ke wilayah Negeri Ginseng tersebut pada Selasa (28/5) dan Rabu (29/5).

Kementerian Unifikasi Korsel menyebut apa yang dilakukan Korut sebagai tindakan rendahan dan memperingatkan negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut untuk menghentikan aksi mengirim balon-balon pembawa kotoran da sampah tersebut.

“Kami memperingatkan Korea Utara untuk segera menghentikan tindakan rendahan tersebut, yang tidak hanya mengancam keselamatan warga negara kami tetapi juga mempermalukan warga Korea Utara,” kata Juru Bicara Kemlu Korsel Lim Soo-suk, seperti dilansir Yonhap, Kamis (30/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, saudara perempuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, menyebut pengiriman balon-balon pembawa sampah ke Korsel adalah bentuk implementasi kebebasan berekspresi warga Korut.

BACA JUGA:   FOTO: Ketika Korea Selatan Disergap Salju Tebal

Kim Yo Jong bahkan memperingatkan Korsel bahwa lebih banyak balon yang membawa sampah akan dikirim. Kementerian Unifikasi Korsel menyebut peringatan Kim Yo Jong menunjukkan bahwa rezim Korut adalah agen utama yang menyebarkan balon tersebut, bukan rakyatnya.

“Korea Utara harus menyadari bahwa ada tugas yang lebih mendesak untuk mengizinkan rakyatnya mengakses informasi dari luar secara bebas dan menikmati hak untuk menentukan nasib sendiri,” ujar kementerian itu.

Kementerian Luar Negeri Korsel juga menganggap pernyataan Kim Yo Jong tidak masuk akal, sebab ekspresi kebebasan dengan menyebarkan kotoran dan sampah merupakan tindakan tidak beradab dan tidak rasional.

Seorang pejabat Kementerian Unifikasi mengatakan kepada wartawan bahwa pengiriman balon lintas batas terbaru oleh Korut tampaknya bertujuan untuk menimbulkan perpecahan di Korsel sebagai bagian dari perang psikologis melawan Korsel.

Korut menerbangkan ratusan balon besar yang membawa sampah dan kotoran ke Korsel pada Selasa (28/5) dan Rabu (29/5), setelah negara tersebut memperingatkan adanya tindakan balas dendam terhadap kampanye aktivis Seoul yang mengirimkan selebaran anti Pyongyang melintasi perbatasan.

BACA JUGA:   Pemukim Israel Serang Jemaah Masjid Tepi Barat Pakai Semprotan Merica

Pada Rabu malam, Kim Yo-jong mengeluarkan pernyataan yang sarat dengan ejekan, dengan menyebut bahwa balon-balon tersebut adalah “hadiah yang tulus” untuk warga Korsel yang menyerukan jaminan kebebasan berekspresi.

Kim Yo Jong bersumpah negaranya akan mengirim sampah puluhan kali lebih banyak daripada jumlah kotoran yang tersebar di wilayah Utara.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER