Friday, June 21, 2024
HomeInternasionalUkraina dan Rusia Bertukar Tawanan Perang, Masing-masing 75 Orang

Ukraina dan Rusia Bertukar Tawanan Perang, Masing-masing 75 Orang


Jakarta, CNN Indonesia

Pejabat senior Ukraina mengonfirmasi bahwa 75 orang tahanan Ukraina lainnya telah dipulangkan dari Rusia pada hari Jumat (31/5).

Ukraina telah memulangkan 75 tentaranya dari Rusia dalam pertukaran tawanan terbaru dalam perang antara kedua negara tersebut. Para pejabat senior Ukraina menyambut 75 orang itu pada hari Jumat (31/5).

“Setelah jeda panjang, pertukaran tahanan kembali terjadi: 75 pembela HAM dan warga sipil dibebaskan dari tawanan musuh,” kata Komite Koordinasi Penanganan Tawanan Perang Ukraina, seperti dikutip Euronews, Jumat (31/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Ukraina Volodymyr Zeelenskyy mengkonfirmasi kesepakatan pertukaran tawanan perang dengan Rusia pada hari Jumat.

“Sepanjang waktu ini, kami tidak berhenti bekerja satu hari pun untuk membawa pulang semua orang dari tahanan Rusia,” kata Presiden Zeelenskyy dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan oleh media domestik.

BACA JUGA:   VIDEO: Palestina Akan Sambut Natal Diliputi Duka Gegara Agresi Israel

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina menukar jumlah orang yang sama sebagai imbalan dalam kesepakatan yang dipimpin Uni Emirat Arab, menurut media milik pemerintah Rusia.

Andrii Yermak, Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina telah mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Kami akan memulangkan 75 orang kami yang ditangkap oleh Rusia.”

“Mereka adalah prajurit, sersan, dan perwira Angkatan Bersenjata Ukraina,” tulisnya di platform Telegram.

“Hari ini mereka ada di rumah. Saya berterima kasih kepada mereka masing-masing atas layanan mereka kepada negara,” tuturnya.

“Saya berterima kasih kepada warga sipil atas kepercayaan mereka terhadap Ukraina. Tugas negara adalah mengembalikan semua orang. Kemuliaan bagi Ukraina,” ucapnya.

Mereka yang dipulangkan dari Rusia dalam kesepakatan pertukaran tawanan perang, setidaknya sepertiga dari tentara itu yang terluka, sakit parah atau cacat.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER