Tuesday, July 16, 2024
HomeBisnisAxiata Group Kebut Akuisisi Bisnis B2C Link Net ke XL Axiata (EXCL)...

Axiata Group Kebut Akuisisi Bisnis B2C Link Net ke XL Axiata (EXCL) Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA — Induk PT XL Axiata Tbk. (EXCL), Axiata Group Berhad akan mengebut pengambilalihan unit business to consumer alias B2C senilai Rp1,87 triliun milik PT Link Net Tbk. (LINK) atau Linknet kepada XL Axiata pada tahun ini.

Group Chief Financial Officer Axiata Nik Rizal Kamil mengatakan bahwa saat ini proses pengambilalihan itu masih menunggu restu pemegang saham yang akan digelar dalam dua pekan lagi melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), tepatnya pada Jumat (28/6/2024).

“Itu [akuisisi B2C LinkNet ke XL Axiata] akan dilakukan tahun ini. Ada pengumuman transfer Link Net B2C ke XL Axiata, [dan] menunggu persetujuan pemegang saham,” kata Nik dalam acara Media Briefing dan Diskusi Bersama Axiata Group Berhad di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Nik menuturkan bahwa pihaknya telah menerima persetujuan dari regulator. Dengan demikian, perusahaan hanya perlu menunggu lampu hijau dari pemegang saham dalam perhelatan RUPS mendatang.

“Persetujuan dari regulator sudah diterima, jadi itu tunggu persetujuan pemegang saham yang digelar di RUPS 28 Juni 2024. Jadi setelah itu, masuk Juli 2024 sudah bisa transfer [bisnis B2C Link Net], itu cepat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kanopi Klenteng Tertua di Makassar Roboh Timpa 2 Pekerja

Perlu diketahui, EXCL dan LINK telah menandatangani perjanjian pengalihan bisnis B2C pada 22 Mei 2024. Bisnis B2C Link Net mencakup setiap dari bisnis internet service provider (ISP), bisnis IPTV, dan bisnis PayTV, termasuk layanan yang berkaitan dengan penyimpanan cloud, permainan, dan pelanggan rumah pintar.

Melalui aksi ini, XL Axiata harus merogoh kocek senilai Rp1,87 triliun. Alasan pengambilalihan bisnis B2C Linknet ini dilakukan karena perusahaan melihat pasar layanan Fixed Broadband (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) memiliki peluang bisnis yang sangat besar.

Skemanya, Linknet akan menjual, mengalihkan, dan menyerahkan kepada XL Axiata. Selanjutnya, EXCL akan membeli dan menerima pengalihan dan penyerahan dari Linknet, seluruh hak dan kepentingan dalam, dari, dan atas ServeCo.

Kemudian, harga pembelian akan dibayarkan oleh XL Axiata kepada Linknet secara tunai pada tanggal penyelesaian. XL Axiata dan Linknet juga telah menandatangani perjanjian layanan induk.

Linknet pun setuju untuk memasang, mengintegrasikan, dan menyewakan jaringan HFC/FTTH dan/atau fasilitas kepada XL Axiata. Serta, menyediakan layanan HFC/FTTH sesuai dengan spesifikasi teknis, tingkat layanan, dan persyaratan kepatuhan yang ditetapkan dalam perjanjian layanan induk.

BACA JUGA:   Kembali Galau, Astrid Beberkan Kontribusinya di Lagu Silakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google
News
dan WA Channel

Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER