Tuesday, July 16, 2024
HomeBatamIkabsu Kepri dan KMP Damai Lautan Nusantara serta Pengelola Pelabuhan Bintang 99...

Ikabsu Kepri dan KMP Damai Lautan Nusantara serta Pengelola Pelabuhan Bintang 99 Batuampar Teken MoU Buka Rute Tol Laut Batam-Belawan-Jakarta

BATAMUPDATE.COM, BATAM – Setelah dilantik Sabtu Lalu, Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (Ikabsu) Provinsi Kepri di bawah kepemimpinan Jhonson Pidoli Sibuea, membuat gebrakan cepat. Ikabsu menjalin kerjasama dengan kapal motor penyeberangan (KMP) PT Damai Lautan Nusantara untuk membuka akses tol laut Batam – Belawan – Jakarta.

Kehadiran kapal motor ini akan meringankan warga yang akan bepergian dari Batam ke Medan dan sebaliknya. Pembukaan tol laut mengkoneksikan Provinsi Kepri, Sumatera, dan Pulau Jawa ini, mendapat respon baik dari Direktur KMP PT Damai Lautan Nusantara, Charda Damanik dan Kepala Cabang (Kacab) PT Damai Lautan Nusantara, Goper Ambarita yang merupakan warga Ikabsu.

“KMP PT Damai Lautan Nusantara ini, kapal besar empat tingkat dengan daya tampung 250 mobil dan 1.200 orang. Inilah yang akan membuka koneksi Batam – Belawan – Jakarta,” ujar Ketua Ikabsu Provinsi Kepri, Jhonson Pidoli Sibuea kepada wartawan di Batam Centre, Jumat (1/9/2023).

Tol laut yang diinisiasi Ikabsu Provinsi Kepri bekerja sama dengan KMP Damai Lautan Nusantara dan pengelola Pelabuhan PT Bintang 99 Batuampar ini, merupakan program yang disampaikan Jhonson Pidoli Sibuea waktu pelantikan pengurus di Alun-Alun SP Plaza Sagulung, Sabtu (26/8/2013) malam.

BACA JUGA:   Program Pemagangan 2024: Solusi Atasi Pengangguran di Kepulauan Riau

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) ini dilakukan , ungkap Jhonson, dari pihak operator langsung Direktur PT Damai Lautan Nusantara, Charda Damanik.

Jhonson didampingi Sekretaris Ikabsu Provinsi Kepri Ramali Padang serta pengurus Ikabsu Provinsi Kepri lainnya Torushon Tarihoran SH dan Hendra Saragih, menegaskan launching perdana dilakukan awal Oktober 2023.

“Untuk tahap awal keberangkatan sekali seminggu. Kalau kondisi penumpang meningkat, bisa ditambah. Dengan demikian, arus barang dan orang dari Sumut ke luar negeri melalui Batam bisa lancar,” ujar Jhonson.

Lancarnya arus barang ini, kata Jhonson, meningkatkan perekonomian pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Selain itu, kalau ada warga Sumatera Utara (Sumut) yang pesta di Batam, bisa membawa mobilnya dan keluarganya dari Sumut.

Dengan dibuka tol laut Batam – Belawan – Jakarta ini, memperpendek jalur transportasi dan menghemat biaya.

“Pembukaan tol laut ini, menguntungkan pelaku usaha. Sekaligus menyukseskan program Presiden Jokowi yaitu tol laut mengkoneksikan satu daerah dengan daerah lainnya,” kata Jhonson yang bersama pengurus lainnya saat meninjau pelabuhan PT Bintang 99 Batuampar. (*/man)

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER