Monday, April 15, 2024
HomeBatamSoal Dinamika yang Terjadi di Rempang, Ini Pernyataan Sikap IA-ITB Kepri

Soal Dinamika yang Terjadi di Rempang, Ini Pernyataan Sikap IA-ITB Kepri

berita4.id, BATAM– Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung Daerah Kepulauan Riau (IA-ITB Kepri) sangat mendukung langkah langkah yang diambil pemerintah untuk pengembangan semua aspek di kepri untuk meningkatkan sosial ekonomi masryarakat Kepri umumnya. Demikian juga dengan langkah pengembangan Pulau Rempang, Batam sebagai kawasan Eco-City sangat didukung untuk meningkatkan sosial ekonomi masyarakat kawasan Batam dan khususnya Pulau Rempang.

Melihat perkembangan dan juga kejadian akhir akhir ini di Pulau Rempang dalam pelaksanaan rencana pembangunan kawasan eco-city, IA-ITB pun mengeluarkan sikapnya.

”Yang pertama, Seluruh pihak agar menghindari tindakan kekerasan dan lebih mengedepankan musyawarah mufakat,” ujar Bambang Hendrawan selaku Ketua IA-ITB Kepri dalam rilisnya yang diterima redaksi.

baca: Tokoh Masyarakat Kepri Dukung Pengembangan Kawasan Rempang

Sikap kedua, Proses pelaksanaan sosialisasi, advokasi dan mediasi melibatkan unsur perguruan tinggi di wilayah Kepri.

Terus, ketiga, sikap dari IA ITB Kepri juga menyarankan adanya penyiapan pembangunan Kampung Baru Nelayan meliputi perumahan, fasilitas umum fasilitas sosial sesuai yang direncanakan bagi penduduk yang terdampak dan memenuhi syarat, agar segera digesa dengan mempertimmbangkan kearifan lokal.

BACA JUGA:   Persoalan Rempang akan Dibahas Presiden Setelah Kepala BP Batam Sampaikan Progres dan Harapan Warga Rempang kepada Menko Perekonomian

Keempat, Penyesuaian kembali waktu pelaksanaan proses hijrah penduduk yang terdampak dan memenuhi syarat, seiring dengan kesiapan pembangunan Kampung Baru Nelayan.

Kemudian, harus ada komunikasi publik yang lebih intensif dan interaktif dengan mengedepankan narasi yang dibangun dari perspektif kepentingan Masyarakat.

Selain itu, IA ITB Kepri juga menyarankan agar sebaiknya BP Batam mengevaluasi timeline-nya lagi. ”Perlu dibuat rumah contoh, kalau perlu ada masyarakat yg pindah ke rumah contoh, sebagai contoh real. Sehingga masyarakat merasa itu real dan bukan PHP,” ujar Bambang Hendrawan didampingi Sekretaris IA ITB Kepri Teguh Kusuma.

”Semoga itikad dan ikhtiar pengembangan Pulau Rempang Eco-City selalu mengutamakan
kesejahteraan dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” tambah Bambang. ***

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER