Friday, April 12, 2024
HomeBatamMasyarakat Yang Berpartisipasi Berikan Masukan Dalam Penyusunan RPJPD Batam Dapat Voucher

Masyarakat Yang Berpartisipasi Berikan Masukan Dalam Penyusunan RPJPD Batam Dapat Voucher

BATAMUPDATE.COM, BATAM – Pemko Batam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Batam Tahun 2025-2045. Bahwa RPJPD ini berjangka waktu selama 20 tahun.

Oleh karena itu, masukan dari masyarakat Batam dibutuhkan untuk penyusunan RPJPD, sehingga hasil yang didapat akan sesuai dengan permintaan masyarakat. RPJPD adalah dokumen perencanaan pembangunan makro yang berisi visi, misi, dan arah pembangunan suatu daerah dalam jangka waktu 20 tahun.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan, partisipasi masyarakat sangat penting untuk merumuskan visi Kota Batam yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat.

“Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan daerah, sedangkan misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut,” katanya, Selasa (3/10/2023).

Salah satu cara untuk berpartisipasi adalah dengan mengisi kuesioner yang tersedia pada laman batamkota.pembangunan2045.id.

Kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan seputar harapan, tantangan, dan solusi pembangunan Kota Batam di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, infrastruktur, lingkungan, dan lain-lain.

BACA JUGA:   Standard Chartered Outlook 2024: Indonesia Tangguh Hadapi Gejolak Global

“Tinggal diklik dan diisi. Batas waktu pengisian kuesioner hingga 14 Oktober 2023,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan masukan-masukan melalui media sosial resmi Diskominfo Kota Batam, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Diskominfo juga akan menggelar diskusi-diskusi publik secara daring maupun luring dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti akademisi, pengusaha, LSM, tokoh masyarakat, dan lain-lain.

Rudi Panjaitan menambahkan penyusunan RPJPD Kota Batam Tahun 2025-2045 juga memperhatikan isu-isu strategis, seperti dampak pandemi Covid-19, perubahan iklim, revolusi industri 4.0, dan tantangan global lainnya.

“Kami berharap RPJPD Kota Batam dapat menjadi pedoman bagi pembangunan daerah yang berkelanjutan, inklusif, dan berdaya saing,” tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Diskominfo Kota Batam akan memberikan voucher pulsa senilai Rp100 ribu kepada lima orang yang beruntung yang mengisi kuesioner. Pengundian akan dilakukan setelah pengisian kuesioner ditutup.

“Mari kita bersama-sama membangun Kota Batam yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan,” katanya. (*/man)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER