Friday, April 12, 2024
HomeBatamGelar Dua Hari Cernival di Batam BI Ajak Masyarakat Gunakan Sistem Pembayaran...

Gelar Dua Hari Cernival di Batam BI Ajak Masyarakat Gunakan Sistem Pembayaran Digital Aman, Mudah, dan Efisien saat Bertransaksi

BATAMUPDATE.COM, BATAM – Bank Indonesia mengadakan Cernival selama dua hrai di Batam. Beragam aktifitas dan kompetisi tersaji di Creative & Innovative Riau Island Carnival. Diantaranya Petualangan Bank Indonesia, Talkshow, Noraebang, Photobooth, Bazaar UMKM, Playground, Donor Darah, Kompetisi Cosplay, Kompetisi E-Sport Mobile Legend dan Kompetisi K-Pop Dance Cover.

Cernival berlangsung selama dua hari yakni Sabtu 26 Agustus 2023 dan Minggu 27 Agustus 2023. Cernival: Creative & Innovative Riau Island Carnival dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Marlin Agustina Rudi dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri Suryono.

Dalam sambutannya, Wagub Marlin mengapresiasi rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh BI Kepri sejak pagi hingga malam hari. Ia berharap acara ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kepri, khususnya Kota Batam.

“Acara ini sangat penting untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para UMKM di Kepri yang merupakan tulang punggung perekonomian kita. Saya berharap acara ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya dengan melibatkan banyak stakeholder,” kata Wagub Marlin.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Suryono menjelaskan, gelaran Cernival merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh BI Kepri. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain Penerapan sistem pembayaran digital seperti QRIS yang memudahkan transaksi antara pelaku usaha dan konsumen.

BACA JUGA:   Gejolak Belum Reda, BI Berpotensi Tunda Penurunan Suku Bunga Lebih Awal

Perlindungan konsumen dengan memberikan edukasi dan fasilitas pengaduan jika ada hal-hal yang merugikan konsumen. Pemecahan rekor dunia sekaligus, yakni Edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah di Pulau Terbanyak dan Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak.

Kedua rekor dunia tersebut dipecahkan di Kampung Tua Dapur 12, Sagulung, Batam, Jumat (25/8/2023).

Pemilihan Duta Pelindungan Konsumen dan Duta QRIS yang akan menjadi perwakilan masyarakat Kepri dalam hal pelindungan konsumen dan penggunaan QRIS.

“Kami berharap dengan kegiatan-kegiatan ini, kami dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kepri, terutama Kota Batam. Kami juga ingin menunjukkan bahwa UMKM di Kepri memiliki kreativitas dan inovasi yang luar biasa,” kata Suryono.

Suryono juga menambahkan, kegiatan Cernival dapat meningkatkan transaksi digital di Kepri.

Ia menyebutkan pada semester pertama tahun 2023, frekuensi transaksi digital di Kepri mencapai 7 juta kali dengan nilai transaksi sebesar Rp 1 triliun. Angka ini jauh melampaui pencapaian tahun sebelumnya yang hanya sekitar 5 juta kali dengan nilai transaksi Rp 500-an miliar.

BACA JUGA:   Komitmen J&T Express Bagi Perekonomian Indonesia Melalui Pemberdayaan UMKM

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat Kepri sudah semakin melek dan percaya dengan transaksi digital. Kami akan terus mendorong pengembangan sistem pembayaran digital yang aman, mudah, dan efisien bagi masyarakat,”katanya.

Acara Cernival juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni dan budaya seperti fashion show dari Dekranasda Kota Batam, tari-tarian, musik dengan special performance Nidji yang akan tampil pada hari besok Minggu, dan lainnya. Acara ini juga menampilkan produk-produk unggulan dari UMKM di Kepri yang dapat dibeli oleh pengunjung dengan menggunakan QRIS.

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau menghadirkan layanan penukaran uang rusak dan uang logam melalui Mobil Kas Keliling dalam acara Creative Innovative Riau Islands Carnival (Cernival) 2023.

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Kepri Hendro Pelani di Batam, mengatakan syarat penukaran uang rusak yaitu tingkat keutuhan masih sekitar 66,66 persen atau setara dengan 2/3 bagian dari uang yang akan ditukarkan.

Sementara untuk uang logam tidak memiliki syarat tertentu yang terpenting masih masuk dalam kategori uang layak edar. “Kami sediakan mobil untuk penukaran uang logam dan rusak,” kata Hendro.

BACA JUGA:   Meski Dikritik, Menteri Teten Optimistis Credit Scoring Jadi Jurus Percepat KUR UMKM

Ia menyebutkan BI Kepri akan menukar uang tersebut sesuai dengan nominal dari masyarakat yang menukarkannya. “Mobil ini memang biasanya kita tempatkan di tempat-tempat tertentu untuk penukaran,” ujar dia.

Selain melalui Mobil Kas Keliling, masyarakat juga dapat melakukan penukaran di bank-bank terdekat atau ke Kantor BI Kepri.

Masyarakat juga bisa mengakses informasi jadwal penukaran tersebut melalui aplikasi BI Pintar.

“Bisa tukarkan di bank. Kalau jadwal pelayanan di Kantor BI setiap hari Kamis pukul 9 hingga 11 siang. Bawa uang yang akan ditukar. Tidak ada batasan nominal,” demikian Hendro.

BI Kantor Perwakilan Kepri menggelar Cernival 2023 pada 26-27 Agustus di One Batam Mall, Batam, Kepri.

Kegiatan itu merupakan perwujudan komitmen dan sinergi BI Kepri dengan pemerintah daerah serta mitra strategis terkait untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi kebijakan sistem pembayaran dan pelindungan konsumen. (*/man)

 

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER