Monday, May 20, 2024
HomeBatamKPU Batam Terima 8.184 Kotak Suara, Tunggu 8.045 Lainnya untuk Persiapan Pemilu

KPU Batam Terima 8.184 Kotak Suara, Tunggu 8.045 Lainnya untuk Persiapan Pemilu

BATAMUPDATE.COM, BATAM – Dalam rangka mempersiapkan pemilihan umum 2024, Gudang Logistik KPU Batam, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, menerima kedatangan dua kontainer logistik berisi kotak suara. Kedatangan ini berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB.

Kontainer pertama membawa 4.019 kotak suara, sementara yang kedua membawa 4.165 kotak suara, sehingga total kotak suara yang tiba di Kota Batam saat ini mencapai 8.184.

Meskipun jumlah tersebut sudah signifikan, namun masih ada kekurangan sebanyak 8.045 kotak suara untuk mencapai kebutuhan penuh Kota Batam yang mencapai 16.229 kotak suara.

Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, mengungkapkan bahwa kekurangan ini sedang dalam proses pengadaan dan diharapkan akan segera tiba. “Kekurangannya kita masih menunggu ya,” kata Mawardi di Gudang Logistik KPU Batam.

Kotak suara ini tiba di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, pada Minggu (15/10/2023) lalu setelah perjalanan dari Jakarta yang memakan waktu lima hari.

Kedatangan kotak suara ini mendapat pengawalan ketat, dengan unit mobil Patwal Kepolisian, mobil milik KPU, Bawaslu Kota Batam, dan Kesbangpol Kota Batam.

BACA JUGA:   KPU Hentikan Sementara Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Tangerang

Proses masuknya dua kontainer ke dalam Gudang Logistik KPU Batam berlangsung dengan lancar meskipun memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Para petugas membuka kontainer dan mengeluarkan kertas suara dari dalamnya. Segel kontainer berwarna hijau dibuka dengan hati-hati menggunakan grenda.

Mawardi menjelaskan bahwa proses pengiriman logistik pemilu melibatkan beberapa tahap, termasuk administrasi di penyedia, ekspedisi, pihak pelayaran, dan pusat bongkar muat.

Saat ini, kendala utamanya adalah administrasi di Pelabuhan terkait BL (Bill Of Loading) yang belum diselesaikan oleh pihak penyedia, sehingga barang belum bisa dikeluarkan.

Mawardi juga mengingatkan bahwa selain kotak suara, masih ada beberapa item logistik lainnya yang harus tiba, seperti segel plastik. “Yang belum sampai saat ini yaitu segel plastik. Kita perkirakan minggu ketiga Oktober akan sampai,” katanya.

KPU Batam tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa persiapan pemilihan umum berjalan lancar dan sesuai jadwal. (pys)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER