Wednesday, April 17, 2024
HomeBatamProfesor Indrayani Resmi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Uniba

Profesor Indrayani Resmi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Uniba

BATAMUPDATE.COM, BATAMGuru besar Prof. Hj. Indrayani. S.E., M.M., Ph.D secara resmi dikukuhkan oleh Mantan Rektor Uniba Prof. Dr. Ir.Chablullah Wibisono, MM,. Indrayani Dikukukan dalam Sidang Senat Terbuka dan Orasi Ilmiah “Strategi Model Pengembangan Kinerja Dosen” yang digelar di Gedung Serba Guna Graha Bintang Universitas Batam, Sabtu (2/9).

Dalam orasi ilmiahnya Indrayani mengatakan, saat ini tantangan bagi para dosen di Perguruan Tinggi semakin banyak. Untuk itu para dosen harus bisa mengupgrade lagi kemampuan dirinya dan menyesuaikannya dengan kemajuan zaman. Para dosen harus inovatif dan harus mampu memahami dan melaksanakan proses pembelajaran kepada mahasiswa dengan metode yang menarik. Pembelajaran konvensional di dalam kelas belum tentu menarik, perlu dilakukan dengan model-model lainnya.

“Para dosen-dosen jangan fokus pada pengajaran, melainkan juga penelitian. Ada kaidah-kaidah yang harus diisi. Sebab, sebagai dosen punya tugas dan tanggungjawab yang sangat signifikan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Ilmu yang dimiliki harus dibagikan, lakukan dengan inovatif dan profesionalisme kita sebagai dosen,” ujar Indrayani.

BACA JUGA:   Update Rempang Eco-City, 73 Kepala Keluarga Tempati Hunian Sementara

Sementara itu, Ketua Senat Universitas Batam DR HM Soerya Respationo S.H., M.H. mengatakan bahwa dalam penjelasan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta UU nomor 20 tahun 2023 tentang sistem pendidikan nasional, disebutkan bahwa visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa guna memberdayakan semua warga negara Indonesia menjadi manusia yang berkualitas. Sehingga mampu pro aktif dalam menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

“Dimana kualitas manusia yang dibutuhkan bangsa Indonesia pada masa yang akan datang ini, diharapkan mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan bangsa lain di dunia. Dengan kata lain memiliki intelektual yang siap tempur lahir dan batin,” ujar pria yang akrab disapa romo ini.

Dan kualitas manusia seperti ini, tambahnya, tentunya diharapkan bisa hadir melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan terencana dengan baik. Dimana para dosen dan pendidiknya memiliki fungsi dan peran serta kedudukan yang sangat strategis dan penting.

“Hari ini, guru besar kita, Prof. Hj. Indrayani. S.E., M.M., Ph.D menyampaikan orasi ilmiahnya tentang Strategi Model Pengembangan Kinerja Dosen. Dan tentunya, sangat berguna bagi para dosen pengajar di Universitas Batam pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya,” katanya.

BACA JUGA:   Guru Besar dan Sivitas Akademika Ramai Kritik Jokowi, Mengingatkan Pesan Bung Hatta untuk Kaum Intelegensia

Sebelumnya Universitas Batam (Uniba) juga telah melakukan Sidang Promosi Doktor S3 Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Meluluskan sebanyak empat doktor yaitu, Nolla Puspita Dewi, Nurhatisyah, Ana Faiza dan Sri Yanti.

Dibagi menjadi 4 sesi melalui ujian terbuka Promosi Doktor Manajemen Sumber Daya Manusia di Gedung Rumengan sebagai berikut. Diketuai oleh Prof.Indrayani,S.E.,M.M,Ph.D, Sekretaris, Dr.Muammar Khaddafi, S.E.,M.Si.Ak. Anggota, Prof.Ir.Chablullah Wibisono,M.M, Dr.Angelina E.Rumengan,S.Kom.,MMSI dan Dr.Bambang Satriawan,S.E.,M.Si. Penguji Luar di  antaranya Prof.Drs.Waridin,M.S.,Ph.D(Universitas Diponegoro), Prof.Damsar,Rer.,soz.,M.A (Universitas Andalas) dan Prof.Dra.Indah Susilowati,M.Sc.,Ph.D (Universitas Diponegoro).

Dalam hal ini Rektor Uniba, Prof.Indrayani mengatakan keempat Doktor ini diharapkan bisa mengaplikasikan ilmunya. Dan bermanfaat untuk kampus Uniba dan Kepulauan Riau (Kepri). “Total sudah ada 6 Doktor dari UNIBA. Semoga bisa berkontribusi bagi Kepri dan Indonesia,” katanya. ***

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER